Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan bertekad untuk menggelar kegiatan pesta adat melepas sepasang ayam "Malasuang Manu" di Pulau Cinta setiap tahun sebagai upaya untuk melestarikan budaya daerah.

"Pemda akan terus mendukung kegiatan - kegiatan dalam rangka menjaga kelestarian adat dan budaya daerah agar nantinya menjadi obyek wisata bahari yang menjadi tujuan wisata budaya di Kotabaru," kata Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, di Kotabaru, Kamis.

Dikatakan, pesta adat Malasuang Manu yang diselenggarakan di Kecamatan Pulaulaut Kepulauan tersebut mengundang ratusan bahkan ribuan wisatawan domestik.

Mendukung kegiatan tersebut, panitia juga menyelenggarakan lomba perahu layar tradisional atau "Katir Rice" yang diikuti nelayan setempat.

Lomba Perahu Katir dan Malasuang Manu merupakan agenda tahunan bagi Dinas Pariwisata Kotabaru yang dilaksanakan setiap Juli-Agustus dimana saat tersebut terjadi angin kencang di laut.

Untuk menuju Pulau Cinta yang memiliki luas sekitar 500 m2 dengan menggunakan perahu kayu bermesin yang memiliki kapasitas sekitar 10 orang lebih.

Pulau Cinta bisa ditempuh dengan menggunakan perahu bermesin dengan jarak tempuh sekitar 15 menit-20 menit.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016