Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kementerian BUMN menyiapkan 200 hadiah untuk sekitar dua ribu peserta jalan sehat dalam rangka program BUMN hadir untuk negeri yang akan dilaksanakan pada 14 Agustus 2016.


Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Indriani Widiastuti di Banjarmasin, Selasa, mengatakan jalan sehat yang bakal diikuti seluruh karyawan dan karyawati BUMN se-Kalsel bersama keluarga tersebut, merupakan salah satu rangkaian program BUMN untuk memeriahkan HUT ke-71 RI.

Menurut Indri, program BUMN hadir untuk negeri, merupakan program BUMN untuk membantu mendorong perekonomian daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pendidikan dan kesehatan, serta meningkatkan wawasan generasi muda tentang Nusantara.

Jalan sehat dengan start dan finis di siring depan Pemko Banjarmasin tersebut, juga akan dirangkai dengan berbagai kegiatan lainnya, antara lain pameran berbagai produk binaan BUMN, pasar murah, dan berbagai kegiatan hiburan.

"Sebelum jalan sehat, pada malam harinya, Sabtu (13/8) pukul 19.30 Wita, kita juga akan menggelar layar tancap film anak-anak yang juga dilaksanakan di siring halaman Balai Kota Banjarmasin," katanya.

Menurut Indri, kini BUMN hadir untuk negeri juga telah melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya, antara lain melaksanakan bedah rumah untuk veteran. Pada program ini, khusus Kalsel mendapatkan jatah bedah rumah sebanyak 45 rumah.

Kemudian juga bakal dibangun rumah penitipan bagi anak-anak di pasar tradisional, sehingga anak-anak balita, yang ikut ibunya berjualan ke pasar tidak keluyuran di pasar.

Indri sebagai penanggung jawab pelaksanaan program BUMN hadir untuk negeri di Kalsel bersama PT Jasindo dan PT Danareksa, mengatakan, pihaknya juga akan membantu penyediaan air bersih, MCK dan penerangan, di salah satu kabupaten yang desanya belum tersentuh berbagai program tersebut.

"Kita juga berupaya menggali berbagai potensi di daerah tertinggal, untuk dikembangkan melalui pelatihan peningkatan keterampilan warga desa," katanya.

Indri berharap, seluruh program tersebut, akan mampu menyentuh langsung kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidupnya.

Sebelumnya, PT Danareksa bersama PT Jasindo juga telah melepas 20 siswa dan siswi asal Kalimantan Selatan yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) menuju Jakarta untuk mendapatkan wawasan tentang nusantara.

Pelepasan peserta dilakukan secara simbolis dengan menyematkan tanda peserta, topi, dan jaket. Para siswa dan siswi terbaik Banua tersebut nantinya berada selama tujuh hari di Jakarta. Mereka akan mengikuti serangkaian kegiatan bertajuk "BUMN Hadir untuk Negeri" yang dilaksanakan seluruh BUMN di 34 Provinsi.

Pada hari yang sama, juga dilaksanakan penyambutan terhadap 20 siswa dan siswi dari Jakarta, untuk mengenal berbagai potensi dan budaya di Kalimantan Selatan.

Ke-20 orang siswa dan siswi tersebut, juga bakal menginap di Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan, untuk mengetahui secara langsung kehidupan warga Dayak dan berbagai kegiatan ekonomi dan sosial budayanya. 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016