Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, meningkatkan kualitas pengelolaan koperasi di kota setempat dengan memberi pelatihan terhadap petugas pendataan lengkap koperasi dan usaha mikro kecil menengah(PL-KUMKM).

"Kami baru saja menyelesaikan pelatihan bagi petugas PL-KUMKM 2023 gelombang I pada 4-5 September 2023 sebanyak 79 orang," kata Kepala BPS Tanah Bumbu Ihsan Nulhakim, di Batulicin Jumat.

Sisanya, sebanyak 179 orang peserta akan di latih pada gelombang II dan III di Banjarmasin pada 7-11 September 2023.   

Dia mengatakan, PL-KUMKM memiliki peran yang penting untuk memperoleh profil koperasi dan UMKM, seperti tempat usaha, karakteristik pengusaha, dan karakteristik usaha. 

Melalui PL-KUMKM 2023 ini, di harapkan seluruh usaha koperasi dan UMKM di wilayah Tanbu dapat terdata seluruhnya. Sehingga dapat menghasilkan data KUMKM yang lengkap dan berkualitas untuk mewujudkan basis data tunggal KUMKM di Indonesia.

"Dengan kerja sama ini, data UMKM bukan hanya miliki Kemenkop UKM, tetapi juga BPS dan kementerian/lain bisa menggunakannya," katanya.

Dia juga berharap,petugas KUMKM nantinya dapat diterima oleh masyarakat dan pelaku usaha saat berkunjung melakukan pendataan.

Adapun PL-KUMKM 2023 akan di laksanakan pada 15 September-14 Oktober 2023 secara serentak di seluruh wilayah Tanbu.

"Melalui program ini dapat memudahkan pemerintah dalam perumusan dan pengambilan keputusan terkait dengan pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Tanbu. Dengan harapan akan berdampak baik untuk semua pelaku Koperasi dan UMKM," terangnya.

Pewarta: Sujud/Rahmiadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023