Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan H Anang Syakhfiani terpilih menjadi salah satu tokoh Indonesia Pendorong Ekonomi Masyarakat melalui kebijakan kredit Gerbang Emas.

Direktur Utama Tempo Media Grup Arief Zulkifli  menjelaskan maksud  adanya apresiasi Tokoh Indonesia pilihan Majalah Tempo ini sebagai bentuk penghargaan bagi kepala daerah yang memiliki  kinerja baik serta memberikan dampak yang positif bagi masyarakatnya.

Baca juga: Realisasi kredit Gerbang Emas Tabalong Rp14,9 miliar

"Kinerja kepala daerah yang baik dalam mendorong ekonomi masyarakat   pantas diapresiasi sebagai Tokoh Indonesia," jelas Arief Zulkifli.

Apresiasi Tokoh Indonesia Pilihan Majalah Tempo dilaksanakan di Hotel Ritz Charlton Jakarta dihadiri 
Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Menteri Perhubungan, Selasa (29/8)

 Sebagai salah satu tokoh terpilih  kebijakan Bupati Tabalong melalui program Kredit Gerbang Emas sebagai unggulan dalam meningkatkan geliat usaha pedagang dan pengusaha kecil di 'Bumi Saraba Kawa'  Anang  Syakhfiani dirasa layak oleh Majalah Tempo  sebagai Tokoh Indonesia Pendorong Ekonomi Masyarakat.

Kredit usaha dengan bunga nol persen yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun di Kabupaten Tabalong berdampak signifikan pada pertumbuhan UMKM serta berkurangnya pedagang atau pengusaha kecil yang menjadi korban renternir.

Tercatat sejak tahun 2017 jumlah pedagang maupun pengusaha kecil yang terjerat renternir sebanyak 1.931 orang  dan terus menurun jumlah nya sebanyak 864 orang seiring dengan meningkatnya jumlah debitur pada Kredit Gerbang Emas dengan bunga nol persen.

Selain menggunakan metode observasi, penilaian apresiasi Tokoh Indonesia Pilihan Majalah Tempo juga menggunakan data sekunder seperti data statistik BPS dan lain sebagainya.

Baca juga: Binaan Dinas LH akan terima kredit Gerbang Emas

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023