Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Kalimantan Selatan, melakukan pemeliharaan jalan Tanjung Serudung menuju Teluk Padang Kecamatan Pulau Laut Selatan.

"Pemeliharaan jalan Desa Tanjung Serudung-Teluk padang sepanjang 11 kilometer lebar 8-10 meter," kata Kabid Bina Marga Agus Tri Prasetiawan, di Kotabaru Selasa.

Agus menjelaskan, pemeliharaan jalan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan perawatan dan perbaikan jalan yang diperlukan dan direncanakan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu lintas selama umur rencana jalan yang ditetapkan.

Akses jalan Jalan ini sebagai salah satu prasarana transportasi yang merupakan urat nadi kehidupan masyarakat mempunyai peranan penting dalam usaha pengembangan perekonomian bagi warga sekitar.

Di wilayah yang sama juga dilakukan penimbunan daerah rawa sepanjang 100 meter karena terputusnya akses jalan tersebut.

"Alhamdulillah, jalan tersebut sekarang sudah bisa dilewati oleh masyarakat," katanya.

Agus menambahkan, selain pemeliharaan jalan, PUPR juga melakukan perbaikan jembatan sementara dengan menggunakan kayu serdang beberapa buah jembatan yang terputus.

Jalan Desa Tanjung Serudung menghubungkan Desa Teluk Padang merupakan jalan penting mobilisasi penghubung antar desa dan menuju keibukota kecamatan.

Desa Tanjung Serudung memiliki luasan 15 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 466 jiwa dengan kepadatan 32 jiwa perkilometer persegi dengan sumber kekayaan alam yang luas.

Tanjung Serudung kaya akan potensi laut perikanan dan sumber daya alamnya, oleh sebab itu masyarakat Desa Tanjung Serudung sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan, dalam bidang penangkap Ikan, udang, kepiting, ikan serta cumi-cumi.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023