Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan Adi Lesmana menindak lanjuti jalan longsor di Desa Patarikan RT.3, Kecamatan Banjang, Kabupaten HSU yang panjangnya mencapai ratusan meter tersebut.

“Peninjauan kami ke lokasi longsor beberapa waktu lalu tentunya menyangkut hajat masyarakat yang banyak, karena jalan utama mereka longsor mencapai sekitar 200 meter dengan kedalaman hingga 1,5 meter,” kata Adi Lesmana di HSU, Senin.

Adi Lesmana melanjutkan, setelah mengetahui kondisi jalan longsor yang cukup parah tersebut nantinya Sekda secepatnya akan berkoordinasi dengan Dinas PUPRP Kabupaten HSU.

Adi Lesmana menuturkan kalau APBD masih belum mampu untuk mengatasinya, nantinya akan kembali dibicarakan dengan Dinas PUPRP semoga dapat diusulkan ke pemerintah provinsi.

Sekda HSU menambahkan, nantinya juga akan dibicarakan dengan tim teknis apakah ada kemungkinan dibuat jalan alternatif mengingat lokasi jalan yang rusak ini posisinya sudah cukup berat.

Sementara itu Kepala Desa Patarikan Akhyar menjelaskan bahwa Pemerintah Desa Patarikan telah beberapa kali melakukan perbaikan menggunakan dana desa namun kejadian longsor tersebut kembali terulang.

Akhyar menambahkan, untuk itu pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara agar mencarikan solusi terkait bencana longsor ini, karena jalan tersebut merupakan salah satu akses warga yang sangat vital.

"Kami sangat berharap pemerintah dapat membantu untuk melakukan perbaikan jalan di desa kami, semoga ada solusinya," harap Kades Patarikan.

Akhyar menjelaskan jalan longsor tersebut berada cukup dekat dengan sisi sungai dan melintas di depan deretan rumah warga, sehingga memberikan potensi bahaya lainnya dan jalan tersebut saat ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023