Pelaihari,  (Antaranews Kalsel)  -  Asisten Teritorial KSAD Mayjen Komarudin Simanjuntak dan Panglima Daerah Militer VI Mulawarman Mayjen Jhoni L Tobing menghadiri  cetak sawah di Desa Handil Birayang Atas, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Rabu (3/8).


Selain itu juga hadir Dirjen Sarana dan Prasaran Kementerian Pertanian RI  Sumarjo Gatot Irianto, perwakilan Bulog, dan para Dandim se Kalsel.

Bupati Tanah Laut  H Bambang Alamsyah mengatakan, pembangunan pertanian di Tanah Laut  sangat penting karena menjadi prioritas pembangunan di daerah tersebut.

“Dengan demikian peningkatan hasil produksi pertanian menjadi prioritas utama bagi Pemkab Tanah Laut karena hampir 75 persen Tanah Laut merupakan pertanian,” ujar Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah, di Pelaihari.

Bambang menjelaskan, saat ini dalam upaya memacu pembangunan ekonomi pemerintah kabupaten sangat fokus terhadap pertanian dengan melibatkan semua stakeholder.

Bahkan bukan hanya pemerintah kabupaten saja, sebut dia,  TNI dan Polri terlibat langsung untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah tersebut.

“Terbukti TNI turut serta memberikan kontribusi melalui cetak sawah baru bersama masyarakat petani,” tegasnya.

Menurut Bambang, konsep dalam memajukan pertanian di Tanah Laut  dengan  memadukan alat teknologi petani,   terbukti Pemkab Tala sudah mendistribusikan seribu handtraktor ke masyarakat petani.

“Itu semua demi meningkatnya hasil pertanian dan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat," terangnya.

Tidak hanya alat teknologi pertanian, ungkap dia, infrastruktur pertanian seperti jalan dan irigasi menjadi perhatian pemerintah kabupaten untuk direalisasikan, agar petani mampu menikmati hasil maksimal.

“Kami sebagai pemerintah daerah, selalu siap menjalankan tugas. "Apapun program pemerintah pusat kita siap menjalankannya," tegasnya.


Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016