Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengirim 159 atlet untuk mengikuti kompetisi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI di Sumatera Selatan pada 26 Agustus-4 September 2023.

Kontingen Kalsel mengikuti 14 cabang olahraga, sedangkan Popnas 2023 mempertandingkan sebanyak 22 cabang olahraga dengan jumlah 335 nomor pertandingan yang berbeda.

Baca juga: Kalsel siapkan sembilan karateka hadapi Popnas 2023

“Para atlet harus menanamkan semangat dalam jiwa masing-masing untuk meraih kemenangan,” kata Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarbaru, Jumat.

Sahbirin meminta seluruh atlet berjuang, terlebih saat ini momen Hari Ulang Tahun Ke-78 RI dengan meneladani semangat juang para pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raga untuk Kemerdekaan Indonesia.

“Saya minta para atlet menunjukkan jati diri Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Popnas 2023 mempertandingkan sebanyak 22 cabang olahraga, di antaranya angkat besi, atletik, balap sepeda, bola basket, voli indoor, bulu tangkis, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis lapangan, tinju dan wushu.

Baca juga: Kalsel siapkan 15 cabor menuju POPNAS Palembang 2023

Namun, Kalsel absen pada tujuh cabang, yakni angkat besi, balap sepeda, bola basket, voli indoor, bulu tangkis, senam, dan wushu.

Sebelumnya, Kalsel telah menyeleksi 15 cabang olahraga, namun nomor gulat dibatalkan karena panitia Popnas 2023 menghapus cabang olahraga tersebut dari daftar pertandingan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Kalsel Hermansyah memberikan ucapan selamat kepada seluruh kontingen yang mewakili Kalsel menuju Popnas 2023 di Sumsel.

“Jumlah atlet 159 orang, pelatih 38 orang dan pendamping sebanyak 21 orang,” ujar Hermansyah.

Baca juga: Tim tinju pelajar Kalsel borong 6 medali emas di Pra Popnas 2022

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023