Tim cabang olahraga tinju pelajar Provinsi Kalimantan Selatan memborong 6 medali emas di Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) zona III tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Pertandingan cabang olahraga tinju Pra Popnas zona III secara resmi berakhir pada Senin hari ini di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Kalsel.

Cabang olahraga tinju Pra Popnas yang dimulai sejak 25 Oktober hingga 2 November 2022 tersebut memperebutkan sebanyak 16 medali emas, diikuti tujuh provinsi.

"Kontingen Kalsel meraih medali emas terbanyak pada cabang olahraga tinju ini," ujar Ketua Panitia Pra Popnas zona III di Kalsel, Fitri Hernadi di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, tim tinju pelajar Kalsel meraih sembilan medali dari 10 atlet tinju yang diikutkan, yakni, 6 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu.

"Artinya hanya satu petinju yang tidak meraih medali," papar Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel tersebut.

Adapun peraih medali emas dari Kalsel tersebut, adalah Shafana Ananda (50 kg), Dominica Blandina  (60 kg), Muhammad Lutfi Hadi (60 kg), Ryan Glennskie (63,5 kg), Muhammad Rizky Habibi (67 kg) dan Mahar Andhika (75 kg).

Sementara itu urutan kedua peraih medali emas terbanyak ditempati Provinsi Bali sebanyak 4 medali, ketiga ditempati Provinsi Jawa Tengah sebanyak 3 medali emas, keempat ditempati Yogyakarta dengan 2 medali emas dan kelima ditempati Kalimantan Tengah dengan 1 medali emas.

Pelatih Tim cabang olahraga tinju pelajar Kalsel Slamet Riyadi menyampaikan suka cita atas keberhasilan anak didiknya untuk meraih prestasi tertinggi pada ajang ini.

Menurut dia, tugas selanjutnya adalah mempersiapkan atlet yang sudah berprestasi Pra Popnas ini ke Popnas ke-16 tahun 2023 di Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun Pra Popnas zona III di Kalsel ini diikuti tujuh provinsi, yakni, Kalsel, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Sebanyak delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni, bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, tenis dan tinju.
Salah satu atlet tinju Kalsel saat menerima medali emas di Pra Popnas zona III di Kalsel di gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Senin (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022