Anggota DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan Rabbiansyah mendukung upaya pelestarian sasirangan dengan menekuni usaha menjahit pakaian tradisional khas Kalimantan Selatan.

"Alhamdulillah kualitas jahitan siap bersaing dengan rumah jahitan yang lain yang lebih dulu terkenal," kata Robby panggilan akrabnya Rabbiansyah di Kotabaru, Jumat.

Baca juga: Anggota DPRD Kotabaru Rabbiansyah serap aspirasi warga Sungai Betung

Ia menjelaskan,rumah jahitan yang dia miliki mempekerjakan karyawan sebanyak empat karyawan dan bekerjasama dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berada di martapura.

"Untuk pembuatan kain Sasirangan khas Kalimantan Selatan, kita bekerjasama dengan UMKM Pengerajin di Martapura termasuk jasa bordirnya," ujarnya

Dia mengakui, walau hanya mendapat keuntungan Rp 10.000 sampai Rp 20.000 dari pembuatan satu buah Kemeja, namun ini membuatnya senang dan bahagia menggeluti bisnis baru bersama keluarga.

Robbi menambahkan, potensi yang di garap dapat membuka peluang pekerjaan,serta dapat turut serta melestarikan dan memasarkan kain khas Kalimantan Selatan.

"Sudah dua bulan ini kami beserta istri menggeluti bisnis Rumah Jahit yang diberi nama Pesona Modiest di kota Banjarbaru," tuturnya

Usaha yang di jalankanya memiliki keahlian masing masing diantaranya penjahit khusus jahitan berjenis jas dan celana, kemeja dan khusus gaun wanita.

Baca juga: Reses di empat desa, Roby siap perjuangkan aspirasi masyarakat

"Dalam dua bulan ini memang pelanggan kami kebanyakan dari Kotabaru, mulai dari teman -teman DPRD, Dinas Intasi, Puskesmas di Kotabaru dan rekan perangkat desa,"tuturnya.

Hasil jahitan, Roby mematok dari harga Rp 170.000 hingga Rp 195.000 tergantung jenis bahan dan jahitan.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023