Suplai air curah yang diproduksi oleh Sistem Penyediaan Air Minum Banjarbakula, Kalimantan Selatan kepada PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) normal meski dalam kondisi musim kemarau.
 
"Suplai air curah SPAM Banjarbakula ke PT AMIB lancar meski kemarau. Suplainya mencapai 400 liter per detik," ujar Kepala Balai Pengelolaan Air Minum Banjarbakula Kalsel M Berty Nakir di Banjarbaru, Rabu.
 
Diketahui, selama ini SPAM Banjarbakula melayani suplai air curah kepada PT AMIB yang memasok air bersih kepada puluhan ribu pelanggan di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. 
 
Menurut Berty, suplai air curah itu berasal dari SPAM Banjarbakula dengan kapasitas produksi 500 liter per detik yang disalurkan ke instalasi milik PT AMIB kemudian dipasok ke seluruh pelanggannya.
 
Berty menuturkan, SPAM Banjarbakula merupakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) milik Pemprov Kalsel yang mengolah air baku dari sumber air Mandi Kapau Karang Intan Kabupaten Banjar.
 
"Suplai air curah kami kepada PT AMIB tergantung kebutuhan. Jika ada penambahan maka air curahnya dipasok sesuai kebutuhan mereka dan sejauh ini permintaan masih normal," ungkapnya.
 
Disebutkan, selain melayani suplai air bersih ke PT AMIB, pihaknya juga menerima permintaan air bersih dari berbagai pihak baik masyarakat, kontraktor bangunan hingga para peternak unggas.
 
Berty menyebutkan, harga air curah dijual berkisar Rp200 ribu hingga Rp400 ribu tergantung jarak untuk pengantaran dengan kapasitas air dari mobil tangki yang mencapai 5.000 liter.
 
"Harga air termasuk jasa operasional untuk pengantaran berkisar Rp200 ribu hingga Rp400 ribu, tergantung jarak. Kapasitas airnya 5.000 liter dan kualitasnya sama dengan air olahan perusahaan," ucapnya. Di
 
Dikatakan, permintaan masyarakat terutama kontraktor dan peternakan mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya karena musim kemarau sehingga sumur kering dan sulit mendapatkan air bersih.
 
"Mereka kesulitan mendapatkan air bersih sehingga memesan kepada kami. Pemesanan air bulan Juli lalu satu atau dua tangki saja, sekarang meningkatkan hingga mencapai 4 tangki per hari," katanya.
 
Ditambahkan, bagi masyarakat yang ingin membeli air bersih, bisa datang ke kantor SPAM Banjarbakula di kawasan Hutan Pinus II Kelurahan Mentaos Banjarbaru atau melalui sambungan telepon (0511) 477351.
 

 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023