Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina menggelorakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 ini dengan ajakan bersama mewujudkan visi dan misi Banjarmasin "Baiman" atau Barasih wan nyaman.
 
Menurut dia di Banjarmasin, Kamis, visi dan misi Kota Banjarmasin Baiman dan lebih bermartabat harus diselesaikan dengan semangat kemerdekaan ini bagi semua masyarakat Kota Banjarmasin.
 
Sebagaimana dijabarkan Ibnu Sina sebelumnya, visi dan misi ini secara garis besarnya untuk Barasih atau bersih, yakni, "barasih jalanan kita, sungai-sungai kita, barasih lingkungan kita dan barasih sampai ke hati kita".
 
Sedangkan nyaman atau enak artian nyaman berurusan, nyaman sekolahnya dan nyaman usaha.
 
Misi ini akan diturunkan, pertama peningkatkan daya saing usaha ekonomi lokal berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi digital, serta penguatan industri dan sarana distribusi perdagangan.
 
Kedua, meningkatkan derajat kesehatan pendidikan masyarakat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ketiga, menguatkan ketertiban, ketentraman, dan keamanan masyarakat.
 
Keempat meningkatkan kualitas pengelolaan infrastruktur yang berintegrasi dengan penataan ruang dan lingkungan.
 
Terakhir, mengembangkan pariwisata berbasis sungai serta memperkuat nilai budaya Banjar dalam kehidupan bermasyarakat dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berbasis teknologi informasi.
 
Ibnu Sina pun berharap, semua ini terus didukung masyarakat untuk mewujudkan kemerdekaan dari segalanya.
 
Dia pun mengucapkan selamat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Pada kesempatan tersebut, dia juga mengungkapkan keberhasilan penyelenggaraan upacara puncak peringatan Hari Kemerdekaan yang berjalan dengan lancar dan sukses.
 
"Alhamdulillah, penyelenggaraan upacara puncak 17 Agustus berjalan dengan lancar dan sukses. Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua yang bertugas menjalankannya dengan baik. Mereka adalah para patriot dan pemimpin di masa depan," ujarnya.
 
Dia berharap semangat nasionalisme semakin memuncak dan semakin kuat untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa depan.
 
"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga penyelenggaraan peringatan kemerdekaan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ucap Ibnu Sina.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023