Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan bersama Komunitas Pecinta Alam Sala'ant Comunity menggelar Kemah Kemerdekaan di Bukit Birah,  Desa Kandangan Lama,  Kecamatan Panyipatan. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut H Dahnial Kifli mengatakan, generasi penerus patut bersyukur atas kemerdekaan dan terus melanjutkan semangat perjuangan para pejuang terdahulu. 

Baca juga: Pemprov Kalsel sediakan angkutan gratis ke Kemah Bela Negara 2023

"Kita harus mensyukuri kemerdekaan dan melanjutkan semangat pejuang terdahulu. Karena kemerdekaan kita bukan hadiah dari penjajah melainkan hasil dari darah dan airmata para pejuang bangsa," ujarnya, di Pelaihari, Rabu. 

Menurut dia, Pemkab Tala sangat mendukung adanya kegiatan kemah kemerdekaan tersebut. 

Dia berharap,  kegiatan kemah kemerdekaan terus dilaksanakan pada hari besar lainnya. 

"Saya sangat mendukung kegiatan positif seperti ini, semoga lebih sering lagi dilaksanakan untuk memperingati hari-hari besar lainnya," tutupnya. 

Usai melakukan pengibaran bendera juga ditampilkan atraksi Gantole dan Paralayang oleh empat orang atlet Tala dengan disambut tepuk tangan peserta yang menyaksikan.

Baca juga: Gubernur Kalsel membuka Kemah Bela Negara 2023

Tak hanya sampai disitu, pada kegiatan tersebut  juga dihibur oleh komunitas Literasi Senja dan Live Akustik dan  dilanjutkan dengan panen kopi KTH Bukit Birah. 

Secara keseluruhan  para peserta sangat bergembira mengikuti acara tersebut,  terlebih saat pelepasan 78 ekor burung diiringi teriakan gembira serta tangkapan kamera ponsel untuk mengabadikannya. 

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan upacara dan pengibaran bendera Merah Putih di Bukit Birah. 

Bertindak sebagai pembina upacara  Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut (Sekdakab Tala) H Dahnial Kifli. 

Baca juga: 18 Kwartir Pramuka se-Indonesia ikuti Kemah Bela Negara 2023 di Kalsel

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023