Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan menempa sebanyak 6.117 mahasiswa angkatan 2023 dengan semangat "Waja Sampai Kaputing" (Wasaka=Bahasa Banjar) artinya tetap bersemangat dan kuat, seperti baja dari awal sampai akhir.

"ULM adalah universitas perjuangan sehingga mahasiswa patut menunjukkan semangat tinggi dalam belajar sebagaimana semangat para pahlawan dulu memperjuangkan kemerdekaan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Dosen ULM edukasi hukum ke desa tentang lingkungan di Barito Kuala

Rektor ULM pun menyampaikan strategi mahasiswa Waja Sampai Kaputing agar mempunyai kemampuan untuk belajar di ULM dan menyelesaikan studi tepat waktu.

Menurut dia, dengan semangat Wasaka maka mahasiswa diberikan pendalaman dan diharapkan bisa lulus tepat waktu.

"Karena sekarang semua beasiswa yang diberikan dibatasi selama delapan semester saja, jadi mereka harus lulus tepat waktu,” tuturnya.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri membuka kegiatan PKKMB. (ANTARA/Firman)

Adapun 6.117 mahasiswa baru ULM itu diterima pada jalur masuk Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan jalur mandiri melalui sistem Ujian Tertulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK).

Mahasiswa baru diwajibkan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2023-2024 selama lima hari terhitung 15-19 Agustus 2023 di Auditorium ULM Banjarbaru dan dilanjutkan pada fakultas masing-masing.

Baca juga: Tim M2ReG ULM terima pendanaan riset teknologi membran Kemdikbudristek

ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik dan terbesar di Kalimantan terakreditasi unggul memberikan beragam materi pengenalan kepada mahasiswa baru  seperti tentang narkotika, bela negara, intoleransi, terorisme, perundungan dan tentang kekerasan seksual termasuk pengenalan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan lainnya.

Mahasiswa baru berikrar menjaga persatuan dan menjunjung nilai Pancasila saat PKKMB di Banjarmasin pada beberapa waktu lalu. (ANTARA/Firman)

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ULM Muhamad Rusmin Nuryadin menambahkan kegiatan PKKMB sebagai bekal, wawasan, dan pengetahuan tentang persiapan untuk memasuki dunia perguruan tinggi.

Mahasiswa ULM dibentuk menjadi pribadi mandiri, lebih disiplin dan sebagainya dalam rangka mengatur strategi untuk lebih cepat menyelesaikan kuliah dengan prestasi yang lebih baik.

"Mahasiswa baru juga diberikan pemaparan tentang bagaimana perguruan tinggi di era revolusi 5.0 dan masyarakat 4.0 serta kebijakan MBKM," ungkap Rusmin.

Baca juga: Mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM juara RMO 2023

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023