Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU) Kalimantan Selatan  menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan membagikan sebanyak 1.350 Bendera Merah Putih kepada masyarakat.

Ribuan bendera merah putih tersebut dibagikan secara gratis kepada para pengendara yang melintas di kawasan Pemkab HSU.

Baca juga: Ratusan desa di Hulu Sungai Utara laksanakan pemilihan BPD serentak

“Bendera tersebut agar dipasang di halaman rumah dan kendaraan masing-masing,” kata Penjabat (Pj) Bupati HSU Zakly Asswan di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Kamis.

Zakly menyebutkan pemasangan Bendera Merah Putih secara serentak juga merupakan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum dengan Nomor 400.10.1.1/3358/Polpum.

“Pemasangan Bendera Merah Putih adalah bentuk semangat kecintaan dan nasionalisme kita terhadap bangsa Indonesia,” ucapnya.

Dia menjelaskan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI juga salah satu bentuk penghormatan terhadap para pahlawan sehingga harus dimaknai untuk mewujudkan Indonesia yang maju guna melanjutkan pertumbuhan ekonomi secara merata.

Baca juga: Pemkab HSU utus 52 kafilah ikuti MTQ Kalsel

Ia berharap menjelang usia Kemerdekaan ke-78 tahun, semangat nasionalisme semakin tinggi untuk menjalin persatuan dan kesatuan agar seluruh pihak secara bersama-sama membangun bangsa menuju Indonesia lebih maju.

Sementara itu, Plt. Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Utara Abdul Khair menyebutkan setiap camat di kabupaten setempat mendapatkan sebanyak 25 Bendera Merah Putih untuk dibagikan ke masyarakat di sekitarnya.

“Seluruh ASN dan honorer kita wajibkan memasang Bendera Merah Putih di halaman rumah masing-masing,” kata Zakly.

Baca juga: Bawaslu HSU ajak pemuda kritis terhadap penyelenggara Pemilu

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023