Penyanyi jebolan Indonesian Idol Novia Bachmid berikan penampilan menarik saat membawakan lagu daerah asal Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan berjudul "Balahindang" pada malam puncak Tapin Art Festival, Rabu,  

Sorak ribuan penonton menghantar Novia tampil ke panggung utama Tapin Art. Lagu, "Wonderland Indonesia" medley beberapa lagu daerah yang di komposisi oleh Alffy Rev jadi pembuka acara puncak itu. 

Baca juga: Ratusan penari tampil di Tapin Art Festival 2023

Lagu kedua, Novia berkolaborasi dengan penari asal Kalimantan Selatan membawakan lagu daerah Kabupaten Tapin, berjudul "Balahindang", sebuah lagu legenda tentang hikayat naga yang merupakan binatang mistis. 

Dengan busana berwarna hijau Novia tampil apik bawakan lagu daerah itu sambil ikuti koreografi para penari yang mengenakan pakaian adat Suku Banjar. 

Pelantun "Bahasa Cinta" ini fasih membawakan lagu yang menggunakan lirik dan nada khas daerah Suku Banjar di Kabupaten Tapin.  

Ketua Pelaksana Tapin Art Festival Imam Rinaldy mengaku puas dengan penampilan Novia yang sukses membawakan lagu "Balahindang" yang riwayat sejarahnya ada dalam buku karangan Gazali Usman itu. 

"Maksud kami meminta Novia membawakan Balahindang, agar lagu ini semakin populer hingga bisa me-nasional. Terimakasih, Novia," ujar Imam usai malam puncak Tapin Art, kepada ANTARA, Kamis. 




Selain menyanyikan dua lagu itu, Novia juga sukses membawakan tujuh lagu lainnya. Yakni, "Ikan Dalam Kolam", "Bahasa Cinta", "Komang", "Bento", "Rumah Kita", "Lonely", dan "Lathi". 

Tapin Art Festival 2023 bertajuk "Anggung Budaya Anjung Banua" ini digelar mulai 5-9 Agustus menampilkan beragam kegiatan.  Menjadi magnet untuk menarik pengunjung yakni, seperti festival tari se-Kalimantan, pameran UMKM, lomba mural, dan penampilan artis lokal hingga nasional.

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023