Batulicin, (Antaranews) - Kehidupan nenek Martun (68) beberapa waktu terakhir sempat mengheboh pemberitaan media masa yang beredar di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sebelumnya kehidupan nenek Martun dikabarkan sangat memprihatinkan sebagaimana informasi yang sudah diterbitkan oleh salah satu media lokal online edisi 21 Juli 2016 cenderung tidak sesuai dengan kondisisebenarnya.

"Berita itu tidak benar, karena warga yang bersangkutan sebenarnya tinggal di rumah layak huni dari hasil swadaya masyarakat sekitar. Dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya warga tersebut juga rutin mendapat bantuan dari pemerintah daerah," kata  Lurah Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat Abidin saat menyikapi pemberitaan tersebut di Batulicin.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Setda Tanaha Bumhu, Ardiansyah menambahkan berita itu dianggap terlalu berlebihan sehingga terkesan menyudutkan pihak pemerintah daerah yang seolah kurang peduli terhadap penderitaan masyarakat disekitarnya.
 
Dalam informasi tersebut , nenek Martun dikabarnya hidup seorang diri yang hanya mampu mengkonsumsi daun singkong dan mencari sayuran liar lainya untuk dijual ke pasar guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Informasi itu diperoleh awak media bersangkutan melalui salah- satu lembaga atau organisasi yang ada di Tanbu.

Kondisi ini pun sempat mengundang perhatian keras pemerintah daerah. Melalui instansi terkait pemerintah Kabupaten Tanbu tidak luput memberikan bantuan berupa sembako, uang dan obatan kepada nenek Martun yang tinggal dilingkungan komplek sekolahan SDN 3 Tungkaran Pangeran, Kecamatan Simpang Empat tersebut.

Bahkan, beberapa hari kemarin tepatnya Sabtu, (23/7) secara pribadi Bupati Tanbu, Mardani H  Maming melalui Kepala Bagian Kesra, H Noryana bersama jajaran instansi yang lain juga memberikan jenis bantuan yang sama kepada nenek Martun.     

Namun ironisnya, sejumlah tetangga nenek Martun takut mendapatkan fitnah dari masyarakat atas datangnya bantuan tersebut. Mereka khawatir selama ini juga dianggap tidak pernah peduli dengan kondisi nenek Martun yang di kabarkan di media sangat memprihatinkan tersebut.

Nenek Martun yang awalnya dikabarkan hidup sebatang kara di luar perkampungan, jauh hari sebelum berita itu beredar sudah dibuatkan tempat tinggal yang layak oleh pihak sekolah bersama masyarakat di lingkungan perumahan guru SDN 3 Tungkaran Pangeran.

Di lingkungan tempat tinggalnya itu, nenek Martun juga sudah memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS) untuk mudah mendapatkan bantuan biaya hidup dari pemerintah daerah, dan hampir setiap hari dapat kesempatan untuk bertemu guru-guru dan wali murid yang kerap mengantarkan anaknya di sekolah tersebut.

Merekapun tidak jarang memberikan sedikit uang dan sejumlah makanan kepada nenek Martun. Bahkan menurut pengakuan tetangganya di sekolah itu, tidak jarang nenek Martun justru memberikan bantuan tersebut baik yang sudah diterimanya dari orang-orang atau pemerintah kepada anak tirinya yang tinggal di Kotabaru.

Nenek Martun adalah janda yang sudah lama ditinggal mati oleh suaminya. Dari suaminya tersebut nenek Martun masih memiliki seorang anak tiri yang tinggal di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Keseharian nenek Martun memang mencari daun singkong dan dan sayuran liar yang lain untuk sebagian dijual dan sebagai tambahan lauk makan sehari-hari. Itupun dilakukan nenek Martun kalau kondisi badanya tidak terlalu capek atau sekedar untuk menjalani rutinitas yang sudah menjadi kebiasaanya sehari-hari.

"Pemerintah daerah sudah menawari nenek Martun untuk tinggal di panti jompo. Bahkan informasinya kepala sekolah SDN-3 Tungkaran Pangeran juga pernah menawari nenek Martun untuk tinggal menetap dirumahnya, tapi beliau tidak mau karena merasa enak dan bebas tinggal di rumah sendiri," katanya.

Ardiansayah berharap, beredarnya berita tentang nenek Martun menjadi pelajaran berharga bagi setiap awak media. Sebelum menerbitkan berita, penggalian data dan informasinya saat dilapangan harus lebih mendalam baik dari sisi nara sumber yang bersangkutan maupun kondisi sosial di sekitarnya.

"Sehingga berita itu bisa dipertanggung jawabkan baik kepada pemerintah maupun masyarakat," tegas Ardiansyah

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016