Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mendapat kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) periode 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB) sebanyak 1.764 orang.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka, di Batulicin Senin mengatakan, formasi tersebut terdiri dari 1.157 orang tenaga Guru, 491 orang tenaga kesehatan, dan 116 orang tenaga teknis.

Baca juga: Sekda Tanah Bumbu perintah PPPK jaga integritas ASN

"Kuota PPPK yang diberikan kepada pemerintah daerah berdasarkan keputusan Menpan RB Nomor 546 Tahun 2023 Tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2023," kata Ambo.

Dia mengatakan, terkait mekanisme dan petunjuk teknis pelaksanaannya masih menunggu ketentuan dari Menpan RB dan BKN. Selanjutnya akan di sampaikan ke masyarakat dalam bentuk pengumuman Bupati. 

Sekda berpesan kepada bakal calon peserta PPPK khususnya yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, baik tenaga Guru, tenaga kesehatan maupun tenaga teknis agar dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2023.

Baca juga: Tanah Bumbu buka penerimaan 1.127 formasi PPPK

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Bumbu Rusdiansyah menambahkan, bagi pelamar atau guru yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon PPPK maka yang bersangkutan telah terdaftar di data pokok pendidikan (dapodik).

"Sesuai target pemerintah pusat, penerimaan PPPK di Kabupaten Tanah Bumbu akan diprioritaskan kepada tenaga honorer guru yang sudah memenuhi kualifikasi persyaratan, salah satunya adalah memiliki dapodik yang menjelaskan berapa lama mengabdi dan usia maksimal 57 tahun atau setahun sebelum masa PPPK berakhir," jelas Rusdiansyah.

Untuk pendaftaran akan dibuka pada September 2023, tahap selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi bagi peserta yang sudah mendaftarkan diri.

"Sejauh ini, jumlah guru di Kabupaten Tanah Bumbu yang statusnya honorer sebanyak 2.000 orang, dan jumlah formasi yang dibuka sebanyak 1.157 formasi," tegasnya.

Baca juga: Bupati ingatkan guru PPPK baru dilantik tingkatkan dedikasi kerja

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023