Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan meraih penghargaan di bidang kebersihan lingkungan yakni Piala Adipura 2016 untuk kategori Kirana.

Kasubid Pemulihan Kualitas Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tabalong Nilly Raihani di Tanjung, Jumat mengatakan penghargaan akan diterima Bupati Tabalong Anang Syakhfiani hari ini di Kabupaten Siak, Riau.

"Rencananya penyambutan piala adipura Kirana dilaksanakan di Taman Giat Kota Tanjung pada Sabtu nanti," jelas Nilly.

Penghargaan di bidang kebersihan lingkungan sendiri tahun ini mencakup lima kategori yakni Adipura Buwana, Kirana, Karya, Bhakti, dan Paripurna.

Sementara tahun-tahun sebelumnya hanya ada Adipura dan Adipura Kencana.

Untuk kategori Adipura Kirana merupakan gabungan dari lingkungan dan ekonomi yang mewujudkan kota menarik investasi dan pariwisata mencakup transparansi, akuntabilitas, mandiri, dan tanggung jawab.

Di Provinsi Kalimantan Selatan, selain Kota Tanjung piala Adipura juga diraih Kota Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kota Rantau Kabupaten Tapin.

Nillay menambahkan program Adipura tidak hanya mendorong kabupaten/kota untuk mewujudkan lingkungan perkotaan yang bersih, hijau dan sehat namun diharapkan juga mampu mewujudkan kota-kota yang berkelanjutan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016