Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Tim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan studi banding ke Kanim Depok dalam hal Pelayanan Imigrasi yang memberikan kepastian waktu selama satu jam kepada pemohon yang akan membuat paspor dan Sistem Pemetaan Orang Asing (SISTAPORA)

Humas Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Jumat menyebutkan, Studi banding ke Kanim Depok selama dua hari 14-15 sebagai bukti keseriusan dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat khususnya di bidang Keimigrasian.

Dijelaskan pelayanan Imigrasi di Kota Depok yang memberikan kepastian waktu selama satu jam kepada pemohon yang akan membuat paspor dan juga Sistem Pemetaan Orang Asing (SISTAPORA) yang merupakan penggunaan teknologi informasi untuk mengetahui keberadaan orang asing serta masa berlakunya paspor orang asing.

Menjadi percontohan yang nantinya juga bisa diterapkan di dua Unit Pelaksana Teknis Imigrasi Kalsel yaitu Kanim Banjarmasin dan Kanim Batulicin.

Dengan dilakukannya Koordinasi dan Konsultasi ke Kantor Imigrasi Kelas II Depok selama dua hari tanggal 14 -15 Juli 2016 di Jakarta terkait Sistem Pemetaan Pengawasan Orang Asing oleh TIM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel yang dipimpin langsung Kepala Kanwil Kalsel, Imam Suyudi.

"Sistapora ini berbasis android dan juga iOS. Dengan adanya sistem ini kami bisa melacak keberadaan orang asing tersebut khusus hanya di wilayah Depok saja, walaupun orang asing ini selalu berganti ponsel namun keberadannya tetap terdeteksi,"  kata Kepala Kanim Depok, Dudi Iskandar.

Menurutnya bukan nomor ponselnya yang terdeteksi, tetapi nama dan password orang bersangkutan.

Atas keberhasilan Kanin Depok berinovasi melalui Sistem Pemetaan orang Asing (SISTAPORA) dan hasil Rakor Keimigrasian yang dihadiri oleh seluruh Kakanwil dan Kadiv Imigrasi Se- Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dalam mengadakan Studi Banding Kepala Kanwil, Imam Suyudi tidak tanggung-tanggung membentuk Tim Besar yang terdiri dari Kepala Divisi Administrasi, Kemas Hamzah Zain sekaligus Plh.Kepala Divisi Imigrasi, Kabid Inteldaksisfokim Kanwil, Edy Edward.

Kepala Kanim Banjarmasin, Purwadi, Kepala Kanim Batulicin, Irdamsyah, Kasi Wasdakim Kanim Banjarmasin, Mulyadi, Kasi Lalintuskim Kanim Batulicin, M.Novrian Jaya dan JFU Pengolah Data Kepegawaian Kanim Banjarmasin, Adi Wahyudi.(humas kanwil/f)

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016