Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selaatan, Hj. Erwinda Mardani sukses meraih penghargaan pengelolaan kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2016.

Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKP3A) Tanah Bumbu Basuni, Bibatulicin mengatakan penghargaan pengelola kelompok BKB terbaik tingkat provinsi tersebut sebelumnya telah di umumkan pada saat pembukaan temu kader dan pengelola program Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam Rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Jakarta.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Surya Chandra Surapaty kepada Hj Erwinda Mardani selaku Pengelola Kelompok BKB yang diwakili oleh salah satu kader BKB-nya, Hj Yulinty Zairina Said Akhmad.

Selain terbaik di tingkat provinsi,  sistem pengelolaan BKB di Kabupaten Tanbu juga termasuk peringkat 21 daerah terbaik se Indonesia.

Kelompok BKB yang mendapat prestasi tingkat provinsi tersebut adalah Kelompok BKB Flamboyan di Desa Bulurejo Kecamatan Mantewe.

"Dengan prestasinya ini tentunya tidak hanya membawa harum nama Kabupaten Tanbu Bumbu saja namun juga harum nama Provinsi Kalimantan Selatan di kancah Nasional," katanya.

Dikatakan, jumlah BKB di kabupaten saat ini mencapai 99 Kelompok. Kegiatannya antara lain melakukan penyuluhan, kunjungan ke rumah warga , melakukan rujukan, pengadminsitrasian KB dan lain-lain dengan sasaran keluarga yang memiliki pasangan usia subur.

BKB merupakan program dari pemerintah dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang anak balita secara optimal agar menjadi generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, dan berdaya saing tinggi.

Program BKB bertujuan pula untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan serta keterampilan orang tua dalam mempersiapkan pendidikan anak serta untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Pada kesempatan lain Ketua tim penggerak PKK, Hj Erwinda Mardani mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader BKB dan Pengelola Kelompok BKB Kecamatan yang sudah bekerja keras melaksanakan pembinaan.

"Berkat kerja keras tersebut akhirnya saat ini Kabupaten Tanah Bumbu bisa meraih prestasi BKB terbaik ditingkat Provinsi maupun Nasional," katanya

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016