Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan Nurgita Tiyas menyoroti masalah stunting dan "bullying" saat memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) karena masih terjadi sehingga harus menjadi perhatian bersama.
 
"Kami minta pengurus PKK tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa berperan mempercepat penurunan stunting dan mencegah terjadinya bullying di masyarakat," ujar Nurgota di Martapura, Kamis.

Baca juga: Ribuan santri ikuti pawai Tahun Baru Islam di Kabupaten Banjar
 
Pernyataan itu disampaikan Nurgita pada peringatan ke-51 Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Banjar 2023 yang mengusung tema "Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia tumbuh".
 
Menurut Nurgita, pihaknya sudah menyiapkan program percepatan penurunan stunting diberi nama "Say No Ting Ting" yang merupakan suatu gerakan atau kampanye mencegah stunting dan anti bullying.
 
"Gerakan Say No Ting Ting dilakukan untuk percepatan penurunan angka stunting dan mencegah bullying dimana seluruh anggota PKK Banjar terlibat di dalamnya sehingga dapat berperan mencegahnya," ucap dia.
 
Baca juga: Kalsel kemarin, Pramuka se-Indonesia hingga sunatan masal Kejari Balangan

Ditekankan istri Bupati Banjar Saidi Mansyur itu, keterlibatan anggota dan kader PKK sangat penting karena mereka yang berhubungan langsung dengan masalah stunting termasuk perundungan (bullying).
 
"Setiap anggota maupun kader PKK yang mayoritas kaum perempuan atau ibu bisa berperan langsung menurunkan stunting, sedangkan bullying juga bisa dilakukan melalui sosialisasi di sekitarnya," tutur dia.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Banjar di depan anggota dan kader PKK menekankan, momentum HKG juga menjadi momentum memupuk rasa kebersamaan dan semangat kinerja bermitra dengan pemerintah.
 
"Mari bersama-sama bergerak dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat dengan meningkatkan peran dalam percepatan penurunan stunting dan mencegah terjadinya bullying," katanya.

Baca juga: Kalsel kemarin, dari DLH ajak masyarakat tertib buang sampah hingga Ketua TP PKK Banjar raih penghargaan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023