Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Kuala (Diskominfo Batola), Kalimantan Selatan  menyelenggarakan Workshop Satu Data Indonesia dengan tema "Membangun Metadata Statistik Sektoral 2023",  di Aula Mufakat Setdakab Barito Kuala. Kamis.

Kadiskominfo Batola Hery Sasmita mengatakan, metadata cukup penting karena dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang suatu data.

"Metadata memberikan konteks dan deskripsi yang membantu dalam pemahaman dan pengelolaan data tersebut." jelas  Hery Sasmita, di  Marabahan.

Menurut dia,  beberapa alasan mengapa metadata penting. Pertama,  pemahaman metadata membantu pengguna untuk memahami isi dan pemakaian data dengan memberikan informasi tentang asal data, cara data diperoleh dan konteks penggunaan data tersebut.

Kedua, sebut dia,  organisasi dan pengelolaan metadata membantu dalam mengorganisasi dan mengelola data dengan memberikan informasi tentang struktur dan hubungan antar data. 

"Metadata dapat membantu dalam mencari, mengelompokkan dan mengintegrasikan data dengan lebih efisien," terangnya.

Ketiga, jelas dia, pencarian dan temuan metadata menyediakan informasi tentang isi data, membuatnya lebih mudah untuk menemukan data yang relevan. 

"Metadata dapat digunakan dalam mesin pencari atau basis data untuk melakukan pencarian,"paparnya.

Keempat, sambung dia, kerahasiaan dan keamanan metadata dapat mencakup informasi tentang izin akses, pembatasan dan tingkat kerahasiaan data. 

Metadata ini, ungkap dia, membantu dalam mengelola keamanan dan kerahasiaan data dengan membatasi akses hanya kepada pengguna yang berwenang.

Kelima, tambahnya, analisis metadata dapat memberikan konteks yang diperlukan untuk analisis data. 

"Ini termasuk informasi tentang metode pengumpulan data, persyaratan bertujuan spesifik dan informasi lain yang relevan," tambahnya. 

Lebih lanjut dia mengemukakan, metadata membantu dalam melakukan analisis yang tepat dan mengambil keputusan berdasarkan data akurat.

"Secara keseluruhan, metadata memberikan kerangka kerja yang diperlukan untuk pemahaman, pengelolaan dan penggunaan data dengan lebih efektif dan efisien,"tandasnya. 

Kemudian, ungkapnya lagi, metadata berperan penting dalam memaksimalkan potensi dan manfaat data.

Dalam acara tersebut mengundang dua orang narasumber dari BPS Kabupaten Barito KualaToyib Nasikundan Alifunnas.

Materi disampaikan berupa,  Satu Data Indonesia untuk Mewujudkan Sistem Statistik Nasional, Tata Kelola Satu Data, serta Metadata Statistik. 

Dalam kegiatan workshop kali ini  diselingi dengan tanya jawab dengan para peserta dan praktik langsung pengisian kegiatan Metadata Statistik. 

Turut menjadi moderator dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Azwar Arsyadi.

Dalam kegiatan tersebut diharapkan para peserta dapat memahami pengisian kegiatan metadata statistik serta rumah data.
Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Batola menyelenggarakan Workshop Satu Data Indonesia dengan tema "Membangun Metadata Statistik Sektoral 2023",  di Aula Mufakat Setdakab Barito Kuala. Kamis (03/08/2023).(Diskominfo Batola).

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023