Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30 di Hulu Sungai Selatan (HSS) dipadukan dengan Hari Anak Nasional Ke-39 Tahun 2023.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, di Kandangan, Rabu, mengatakan peringatan harganas menjadi momentum penting dalam menggalang dan meningkatkan komitmen semua pihak.

"Baik itu kita dari pemerintah, masyarakat, akademisi, swasta, dunia bisnis maupun media, bersama-sama mewujudkan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana," ujarnya, di Ruang Bermain Ramah Anak Taman Palidangan Sehati Kandangan.

Dijelaskan dia, melalui peringatan Harganas ke-30 juga diharapkan dapat mengoptimalkan sinergi gerak dan langkah keluarga Indonesia mencegah stunting.

Baca juga: DPRD dorong capaian KLA HSS ciptakan SDM berkualitas

Dengan cara mengumpulkan dan melakukan glorifikasi praktik, baik upaya percepatan penurunan stunting dari seluruh unsur di Indonesia.

Ia juga menyampaikan, Hari Anak Nasional yang diperingati bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa.

"Anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa, dan semangat kebangsaan, serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sebagaimana harapan kita semua," ucapnya.

Pihaknya mengajak menjadikan peringatan hari anak bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa, agar menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Bupati harapkan kegiatan VLH berikan masukan perkuat posisi KLA HSS

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS Dian Marliana, menyampaikan ada berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas PPKBPPPA HSS selama ini.

"Kegiatan yang telah kita laksanakan berupa layanan KB sejuta akseptor se HSS, lomba ajang kreativitas anak PAUD, lomba vlog Forum Anak Desa se-HSS," ujarnya.

Kemudian, bakti sosial forum anak, penyusunan dan penetapan suara anak HSS, temu Forum Anak Nasional, dan bakti sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Kalsel, dan karnaval siswa/siswi PAUD se-HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023