Sebanyak 325 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan tiba di Tanah Air dari Arab Saudi melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin pada Selasa.
 
Menurut Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalsel, Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Selasa, jamaah haji Kloter 16 ini berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Banjar.

Baca juga: Info Haji - 5.138 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air
 
Diungkapkan dia, jumlah jamaah haji Embarkasi Kalimantan Selatan sudah tiba di Tanah Air hingga Kloter 16 plus Kloter 18 18 sebagai tambahan mencapai 5.463 orang.
 
"Tinggal satu Kloter lagi, yakni Kloter 17, hingga semua jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sudah pulang ke Tanah Air," ujarnya.
 
Dijadwalkan, kloter terakhir Embarkasi Banjarmasin yang memberangkatkan jamaah haji dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah tersebut pulang pada Kamis atau 3 Agustus 2023.
 
Sebelumnya, kata Tambrin, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 5.708 jamaah haji pada musim haji 2023 ini, namun14 jamaah di antaranya meninggal dunia di Tanah Suci.

Baca juga: Info Haji - Kloter 18 kuota tambahan Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air
 
Untuk para jamaah haji yang sudah pulang ke kampung halaman, Tambrin yang merupakan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut berpesan agar senantiasa menjaga dan memelihara kemabruran hajinya.
 
"Tanda haji seseorang diterima bisa dilihat dari konsistensi orang tersebut dalam kebaikan dan menjauh dari bermaksiat kepada Allah SWT," ujarnya.
 
Sikap selanjutnya sebagai tanda sesorang memperoleh kemabruran haji adalah saling tolong menolong dalam kebaikan serta jauh dari sifat bermusuhan ditunjukkan oleh hadis Nabi lainnya tentang makna haji mabrur, yaitu “Memberi makan dan menyebarkan salam” (HR: Ahmad). 
 
"Sifat inilah yang mestinya hadir dalam diri orang-orang yang sudah berhaji, manifestasi dari Islam sebagai agama rahmah bagi seluruh umat manusia," ungkap Tambrin.

Baca juga: 327 jamaah haji Kloter 10 Embarkasi Banjarmasin tiba di tanah air

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023