Warga Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan dibuat geger dengan penemuan jenazah bayi berjenis kelamin perempuan yang mengambang di sungai Pitap Awayan dengan kondisi tali pusat masih menempel.

Ketua TRC BPBD Balangan Kudratullah di Balangan, Selasa, mengatakan saat ditemukan mengambang di sungai kondisi jenazah bayi tersebut sudah dalam posisi membengkak dengan badan yang membiru.

Baca juga: Geger penemuan bayi di Binjai Pirua Kabupaten HST

“Kondisi jenazah bayi saat ditemukan sudah membengkak dan membiru serta tali pusat yang masih menempel,” kata Kudratullah.

Kudratullah menuturkan adanya laporan dari warga diterima pihaknya sekitar pukul 11.00 Wita, saat itu salah satu warga sedang mencari kerang di pinggiran sungai Pitap Awayan.

Kudratullah menambahkan, jenazah bayi langsung dievakuasi TRC BPBD Balangan bersama warga tepat di perbatasan wilayah Pinakin Desa Badalungga Hilir, Kecamatan Awayan dan Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Parsel.

“Saat ini jenazah bayi telah kami serahkan ke rumah sakit terdekat,” tambahnya.

Baca juga: Bayi di kardus, Polresta Banjarmasin buru ibu sang anak

Sementara terkait penemuan jenazah bayi perempuan itu, Kasat Reskrim Polres Balangan AKP Wahyudi mengatakan akan melakukan penyelidikan terhadap peristiwa tersebut.

“Kami akan melakukan olah TKP dan penyelidikan terkait penemuan mayat bayi tersebut, guna menemukan siapa pelaku pembuangan bayi malang ini,” kata Wahyudi.

Terpisah, Direktur RSUD Datu Kandang Haji Balangan Drg. Sudirman memperkirakan jenazah bayi tersebut baru dilahirkan tadi pagi oleh orang tuanya.

"Kami perkirakan bayi tersebut belum berumur 24 jam setelah ditemukan warga di sungai," ungkap Sudirman.

Baca juga: Kapolres : Pelaku pembuang bayi jalani proses diversi
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023