Manado, (antaranews Kalsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok hingga akhir bulan ini sebanyak 7.500 orang.

"Sejak dimulainya penerbangan langsung yang membawa wisatawan Tiongkok pada 4 Juli lalu, hingga 16 Juli ini sudah sebanyak 2.468 wisatawan berkunjung ke daerah ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Sulut  Happy Korah di Manado, Selasa.

Dari 2.468 turis yang datang tersebut, sebanyak 1.568 telah kembali ke Tiongkok sementara yang masih berada di daerah ini sebanyak 813 orang.

Angka ini menurut kepala dinas perikanan dan kelautan era Gubernur Sinyo H Sarundajang itu,  masih akan bertambah karena setiap dua hari ada tiga penerbangan dari negeri tirai bambu tersebut.

Turis-turis ini, kata dia, akan berkunjung ke sejumlah tempat di Kota Manado, Bitung, Tomohon serta Kabupaten Minahasa yang memiliki keunikan potensi wisata masing-masing.

"Pemerintah provinsi terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana penunjang pariwisata sehingga memberikan rasa nyaman bagi wisatawan. Kami berharap kunjungan wisatawan Tiongkok ini akan terus berlanjut," katanya.

Dia menambahkan, selain menempatkan petugas keamanan ke lokasi wisata, personel polisi juga mengawal kendaraan wisatawan menuju ke Gereja Sentrum dan monumen perang dunia kedua serta klenteng di Kota Manado agar terhindar kemacetan.

"Paling penting adalah bagaimana kita menciptakan suasana aman sehingga memberikan rasa nyaman bagi setiap wisatawan yang datang ke daerah ini," katanya./f

Pewarta: Karel A Polakitan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016