Kirab Pemilu 2024 di Kalimantan Selatan (Kalsel) telah memasuki kota kelima dari 13 daerah yang dijadwalkan berlangsung selama 70 hari yang dimulai sejak 2 Juli lalu sampai 19 September 2023 mendatang.

"Pekan ini kirab pemilu sudah berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang rencananya sampai 2 Agustus nanti," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: Banjarmasin libatkan milenial kirabkan Pemilu

Sebelumnya, Kirab Pemilu sudah melintasi empat daerah yang dimulai Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Setelah dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, estafet bendera Kirab Pemilu berlanjut ke Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan.

Kemudian melintasi wilayah pesisir laut, yaitu Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut.

Baca juga: Kirab Pemilu 2024 di Kalsel digelar selama 70 hari

Selanjutnya, Kirab Pemilu memasuki akhir perjalanannya di Kabupaten Banjar dan ditutup di Kota Banjarbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Kalsel pada 13 sampai 19 September 2023.

Tenri mengapresiasi kerja keras dan inovasi KPU di kabupaten dan kota yang telah membuat kirab pemilu begitu meriah sehingga pesan dari sosialisasi pemilu tersampaikan secara optimal ke masyarakat sebagai pemilih.

"Yang paling penting bagaimana kita memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat agar semuanya bisa mendukung suksesnya pemilu dengan memberikan hak suaranya dan tetap menjaga semangat persatuan meski berbeda pilihan politik," tutur Tenri.

Baca juga: KPU HSU Gelar nonbar pelucuran Kirab Pemilu 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023