Marabahan,(Antaranews Kalsel) - Kepala Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan Ahmadi H Syukran mengatakan, tahun 2016 jamaah calon haji (JCH) asal Batola diberangkatkan dalam dua kloter yakni,  kloter 4 dan kloter 14 sebanyak 201 orang.
     

“Untuk kloter 4 berjumlah 184 orang jamaah calon haji yang rencananya  diberangkatkan 11 Agustus 2016. Sedangkan kloter 14 berjumlah 17 orang diberangkatkan 21 Agustus 2016 bersama jamaah calon haji dari daerah lain,” ujar Kepala Kemenag Batola Ahmadi H Syukran, di Marabahan, Senin (18/7).
     
Menurut dia, biaya keberangkatan haji tahun 2016 hanya Rp37.583.508 atau terjadi penurunan 132 US dolar dengan kurs Rp13.400.
     
Dijelaskannya,  untuk keberangkatan jamaah calon haji tahun 2016 tidak diperkenankan untuk diantar jemput oleh pihak keluarga mengingat asmara haji di Banjarbaru sedang dalam perbaikan .
      
Bagi pemerintah daerah jika ingin melepas jamaah calon haji, sebut dia, cukup dilaksanakan di daerah asal masing-masing.
     
Terkait dengan pelaksanaan manasik, mantan Kakankemenag Banjarmasin ini menjelaskan, kegiatan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yakni, pada tanggal 18 dan 30 Juli 2016 serta delapan kali pertemuan di KUA masing-masing.
     
Terpisah, Bupati Batola Hasanuddin Murad melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan  M Anthony menyatakan, sangat menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan manasik haji, mengingat manasik sangat penting diikuti oleh  jamaah caloh haji.
     
Manasik, sebut dia, sangat bermanfaat untuk menambah dan memberikan pemahaman kepada setiap jamaah calon haji, dan membantu mempermudah dalam menunaikan semua rukun dan tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik secara teoritis maupun praktek.
     
Dia berharap,  jamaah calon haji dapat memanfaatkan kegiatan untuk menimba pengetahuan dan tatacara berhaji juga berguna untuk memperluas ukhuwah Islamiyah di antara sesama jamaah.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016