Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan H Hermansyah menyampaikan, dilakukan tiga strategi untuk meningkatkan kualitas pemuda di provinsinya sebagai upaya mencapai peningkatan Indeks pembangunan pemuda (IPP).
 
Karena, lanjut dia, di Banjarmasin, Kamis, indeks pembangunan pemuda (IPP) di Kalsel pada 2022 berada diperingkat ke-25 se-Indonesia, hingga ini harus digenjot naik dengan berbagai cara, diantaranya dengan tiga strategi.
 
Adapun tiga strategi tersebut, ungkap Hermansyah, yakni, pertama adalah penguatan kapasitas kelembagaan, koordinasi strategis lintas sektor dan lembaga.
 
Kemudian yang kedua, kata dia, adalah peningkatan partisipasi aktif sosial dan politik pemuda.
 
"Terakhir yang ketiga adalah pencegahan perilaku berisiko pada pemuda, yakni, perilaku kekerasan, narkoba dan penyakit menular," ujarnya.
 
Dikatakan Hermansyah, untuk menggerakkan tiga strategi ini dilaksanakan juga di pemerintah kabupaten/kota, maka dilaksanakan rapat koordinasi bidang kepemudaan dan penyusunan aksi pelayanan kepemudaan Provinsi Kalsel tahun 2023.
 
Rapat koordinasi tersebut, kata dia, mengambil tema "Meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, dengan arah kebijakan meningkatkan kualitas anak, perempuan dan pemuda”.
 
Rapat ini dilaksanakan agar kegiatan kepemudaan di provinsi ini bersinergi, tidak tumpang tindih, di semua lembaga, dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.
 
Sehingga, lanjut Hermansyah, pelaksanaan semua kegiatan untuk kepemudaan bisa diukur tingkat capaiannya sesuai strategi dan sesuai rencana aksi daerah, hingga indeks pembangunan pemuda bisa naik signifikan.
 
Pasalnya, ungkap dia, indeks pembangunan pemuda di Kalsel pada 2021 berada diperingkat ke-21, namun tahun 2022 turun ke-25, pada 2023 ini harus bisa naik dengan segala kegiatan yang sudah dan akan dilakukan.
 
"Ini PR kita bersama, sinergi seluruh instansi dari provinsi dan kabupaten/kota harus kuat, dengan bersama ini kita optimis naik peringkat," demikian kata Hermansyah.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023