Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan(HSS) H. Muhammad Noor menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-2 Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOTI) HSS, di Lapangan Lambung Mangkurat.

Kegiatan di laksanakan selama dua hari dan diikuti tingkat pelajar SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK sederajat se-Kabupaten HSS, dengan cabang olahraga yang dipertandingkan, bola sundul, hadang, teropah panjang, lari balok dan enggrang.

"Ada lima cabang olahraga tradisional yang kita mainkan pada hari ini, dan ikuti seluruh pelajar se-HSS," kata panitia pelaksana H. Yuseran Fahmi, Kandangan, Selasa.

Dijelaskan dia, untuk bola sundul terdiri dari 17 tim pria dan delapan tim perempuan, lari balok terdiri dari tingkat SD/MI 13 peserta laki laki dan 13 perempuan, tingkat SMP/SMA terdiri dari 18 peserta laki laki dan 13 peserta perempuan.

Baca juga: Disdikbud dan KPOTI gelar Pekan Kebudayaan HSS 2021

Enggrang tingkat SD/MI laki laki 15 peserta dan perempuan 18 peserta, tingkat SMP/MA laki-laki 37 peserta dan perempuan 20 peserta, terompah panjang laki laki 18 tim perempuan 15 tim, bola hadang laki 16 tim dan perempuan 16 tim.

Sekda HSS H M Noor, mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mengucapkan hari jadi ke-2, KPOTI Kabupaten HSS, teriring harapan dengan bertambahnya usia ini semakin membawa ke arah yang lebih baik lagi.

"Kami menyambut baik terselenggaranya kegiatan lomba dalam rangka HUT ke-2 KPOTI yang dilaksanakan pada hari ini," katanya saat menyampaikan sambutan Bupati HSS, H Achmad Fikry.

Menurut dia, lomba-lomba KPOTI yang dilaksanakan dengan berbagai lomba olahraga tradisional dan permainan rakyat ini, tentunya akan semakin meningkatkan kebersamaan di antara anak-anak.

Para peserta yang berkompetisi dengan sehat dalam rangka menambah kawan, tentunya harus dikedepankan dalam kegiatan ini,kalah atau menang tidak menjadi masalah.

Baca juga: Haji Akhmad Fahmi terpilih aklamasi pimpin KPOTI HSS

"Karena sifat kegiatan ini merupakan lomba untuk memberikan kegembiraan diantaranya kita semua, khususnya para peserta, dan mendukung upaya bersama mewujudkan masyarakat sehat," ujarnya.

Dengan melakukan aktivitas fisik, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat HSS, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah selama ini melalui gerakan masyarakat hidup sehat.

Pihaknya berterima kasih kepada panitia pelaksana dari KPOTI HSS serta seluruh peserta yang turut memeriahkan kegiatan ini, ke depan kegiatan semacam ini hendaknya dapat terus dilaksanakan, dan tentunya semakin baik dan lebih berkembang lagi.

Peringatan HUT ke-2 KPOTI kali ini juga dirangkai dengan pemotongan Nasi Tumpeng oleh Ketua KPOTI Kabupaten HSS, H. Ahmad Fahmi, yang akrab disapa HAF

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023