Puluhan guru Pendidikan Anak Usia Dini di wilayah binaan Adaro baik di Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah hingga Sumatera Selatan sangat mengapresiasi pelatihan pendidikan holistik berbasis karakter Gen 2.0 ini.

PAUD Gen 2.0 adalah Pembinaan PAUD Batch 2 sebanyak 15 PAUD dari 6 wilayah baru yang mendapatkan program di tahun 2023.

Baca juga: Adaro PAUD Berkarakter Cetak Generasi Muda Kuat dan Inovatif

Salah satu peserta Dian Rahmawaty dari Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru meyakini penerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) bisa bentuk siswa yang hebat dan berkarakter.

"Ilmu yang kami peroleh selama pelatihan sangat luar biasa dan kami optimis penerapan PHBK bisa membentuk siswa berkarakter," ungkap Diana Rahmawati Kepala Sekolah TK Negeri Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru, Senin.

peserta dari Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan Deswiliana bahkan berharap program PHBK bagi guru PAUD terus berlanjut dan dapat dikembangkan di daerah.

Mengingat pendidikan holistik yang berkarakter melalui pengembangan aspek fisik, emosi, sosial, kreativitas, spiritual, dan intelektual siswa secara optimal untuk membentuk manusia yang life-long learners (pembelajar sejati) yang dikembangkan Indonesia Heritage Foundation (IHF)

Direktur Pendidikan, Litbang dan Keuangan IHF Florence Yulisinta Jusung berharap program Adaro PAUD Berkarakter melalui pelatihan PHBK bagi tenaga pendidik di wilayah binaan Adaro bisa memberi dampak lebih luas bagi anak-anak.

"Antusias para guru peserta pelatihan PHBK cukup tinggi dan berharap dampak program Adaro ini bisa lebih luas," jelas Florence.

Hal senada juga diungkapkan Citra Hapsari selaku supervisor Adaro Nyakan Ilmu YABN, pelatihan PHBK bagi PAUD Gen 2.0 yang dilaksanakan Adaro selama tiga hari 3 sampai 5 Juli 2023 lalu merupakan satu upaya untuk membentuk siswa berkarakter.

Baca juga: PT MIP berikan sosialisasi PHBK bagi guru PAUD

Citra menjelaskan penerapan konsep Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada PAUD menjadi program yang terus dilakukan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) bersama IHF. 

Sejak 2018 hingga 2022 dampak penerapan PHBK terlihat langsung dimana guru mempunyai rencana mengajar yang kreatif, teratur dan padat tapi anak-anak tidak merasa bosan, namun di saat yang bersamaan anak-anak menjadi lebih berkarakter dan mandiri.

Bahkan hasil monitoring YABN tahun 2022 terhadap alumninya rata-rata 70 persen konsep PHBK berhasil diterapkan secara konsisten oleh para alumni murid dari PAUD binaan.

Sehingga dapat disimpulkan program yang dilakukan YABN telah berkontribusi membentuk fondasi karakter anak usia dini.

Melihat dampak positif dari implementasi Adaro PAUD Berkarakter maka tahun ini Adaro membina 15 PAUD baru tersebar di enam wilayah baru.

Lima belas PAUD ini akan diproyeksikan menjadi PAUD Inti pada tahun 2024 dan mengimbaskan kepada 75 PAUD disekitarnya.(Adv)

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023