Tomohon, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman mengatakan, sebanyak 27 peserta dalam dan luar negeri akan ikut serta pada "Tomohon International Flower Festival" (TIFF) 8 Agustus mendatang.

"Iven internasional yang telah menjadi agenda tahunan kementerian pariwisata mengusung tema pesona Tomohon (enchanting Tomohon)," kata Eman di Tomohon, Selasa.

Wali Kota mengatakan salah satu agenda utama TIFF 2016 adalah "Tomohon Flower Carnival".

"We greet the world with flower atau dengan bunga kami menyapa dunia adalah tema yang diangkat dari parade bunga," katanya.

Tahapan persiapan agenda utama ini, kata dia, akan melibatkan sekolah-sekolah baik tingkat SMP dan SMU serta peserta dari kalangan umum, termasuk pelaksanaan pelatihan pembuatan kostum karnaval yang akan mendahului pelaksanan kegiatan ini pada tanggal 18-19 Juli 2016.

Dia mengatakan, beberapa agenda pendukung lainnya adalah lomba paduan suara kebersamaan pelsus GMIM dan antardenominasi agama se Kota Tomohon yang akan digelar 4-5 Agustus.

Selanjutnya, "Tomohon Linow Lake" 10K pada tanggal 6 Agustus 2016, sementara iven utama atau puncak acara  TIFF dilaksanakan 8 Agustus, serta kegiatan lainnya festival kuliner pada 8-10 Agustus serya festival band pelajar tingkat provinsi pada tanggal 12 Agustus.

Dia memanambahkan, sebelum pelaksanaan kegiatan di bulan Agustus, diawali dengan lomba lampu hias yang mengangkat tema bunga antarsatuan kerja perangkat daerah dan kelurahan.

"Suksesnya kegiatan bertaraf internasional harus didukung semua pihak termasuk di dalamnya masyarakat. Mari bersama-sama kita ciptakan suasana aman dan nyaman yang memberikan ruang bagi wisatawan menikmati pesona keindahan alam di Kota Tomohon," ajaknya./f

Pewarta: Karel A Polakitan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016