Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin Siap Majukan Karate Kalsel dan Indonesia, usai resmi dilantik sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Kalimantan Selatan masa periode 2023-2027.
Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) FORK, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P, di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Kamis.

Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) PB FORKI Pusat dengan Nomor: 20/SK/PB.FORKI/KU/IV/2023. Pengukuhan ditandai dengan pembacaan Pernyataan Pelantikan sekaligus penyerahan Bendera FORKI oleh Hadi kepada Ketua Pengprov FORKI Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Usai dikukuhkan, Paman Birin mengatakan dirinya akan melakukan tugas dengan sebaik-baiknya demi mewujudkan karateka yang profesional yang mampu mengukir prestasi gemilang.

“Bagaimanapun sebuah prestasi olahraga selalu dimulai dari pembinaan dan penyelenggaraan kompetisi yang berkualitas dan berjenjang. Termasuk kerja keras dan disiplin yang tinggi, saya hadir akan berjuang sekuat tenaga untuk memajukan FORKI Kalsel,” ujar Paman Birin.

Paman Birin yakin kepengurusan FORKI Kalsel yang dipimpinnya diisi oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya dan mampu membawa perubahan yang baik bagi kemajuan FORKI di masa yang akan datang.

“Insya Allah, program-program pembinaan, regenerasi, serta kejuaraan-kejuaraan karate akan dipersiapkan semaksimal mungkin untuk mencetak karateka Kalsel kelas dunia,” kata Paman Birin.
 
Ketua Umum Pengurus Besar (PB) FORK, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto melantik ketua dan pengurus Forki Kalsel, di Idham Chalid Banjarbaru, Kamis (13/7/2023) (ANTARA/Latif Thohir)

Pada kesempatan itu, Paman Birin juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Ketua Umum PB FORKI, Marsekal TNI (purn) Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang telah berkenan berhadir dan melantik kepengurusan FORKI Kalimantan Selatan, Masa Bakti 2023-2027.

“Saya berharap, dukungan juga do’a dari PB FORKI dan seluruh pengurus FORKI provinsi, kabupaten/kota, serta seluruh pengurus dan anggota perguruan karate di Kalimantan Selatan, agar saya beserta pengurus dapat menjalankan amanah yang mulia ini, dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PB FORKI, Marsekal TNI (purn) Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P mengatakan bahwa segala bentuk hasil musyawarah yang disepakati harus segera direalisasikan oleh para pengurus FORKI yang baru dilantik. Sehingga hal ini akan berdampak pada kemajuan organisasi FORKI kedepannya.

“Tidak hanya bagi kemajuan organisasi, tetapi tugas FORKI juga harus mampu melakukan pembinaan berjenjang, bertingkat dan berkelanjutan kepada atlet-atlet yang dimiliki. Mulai dari usia dini, pra pemula, pemula, junior hingga senior,” ujarnya.

Ditambahkan Hadi, di 2023 ini, ada beberapa kegiatan/kompetisi yang melibatkan FORKI. Yakni Kejuaraan Nasional Pra PON di bulan Agustus 2023 di Kalimantan Selatan, Pekan Olahraga Pelajar Nasional Bulan September 2023 di Kupang NTT.

Kemudian ada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional SD, SMP dan SMA Bulan September 2023 di Jakarta, dan Pekan Olahraga Nasional Bulan Oktober 2023 di Banjarmasin.

“Jadi untuk tahun ini, ada dua kegiatan nasional yang akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan, yakni Kejuaraan Nasional Pra PON di bulan Agustus dan Pekan Olahraga Nasional Bulan Oktober di Banjarmasin.” Ucap Hadi.

Maka dari itu, menurutnya, Kalimantan Selatan selaku ketua tuan rumah pada dua acara tersebut, ia meminta FORKI Kalimantan Selatan untuk benar-benar serius dalam memfasilitasi kegiatan tersebut. Bukan sekedar menyiapkan sarana dan prasarana saja, melainkan juga menyiapkan para atletnya sehingga dapat berprestasi di ajang tersebut.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023