Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) bersama Polresta Banjarmasin menginisiasi gerakan bersih-bersih lingkungan di Kota Banjarmasin sebagai wujud kepedulian terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai tanggung jawab bersama, apalagi kota ini dikenal dengan sebutan Kota Baiman artinya Barasih wan Nyaman.

"Ada tiga lokasi yang kita sasar hari ini untuk pembersihan yaitu Pasar Sudimampir, sungai di sekitar Masjid Raya Sabilal dan kawasan Jalan Lingkar Selatan," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi di Banjarmasin, Kamis.

Menggunakan sekop, Kapolda terjun langsung memimpin pembersihan sampah yang menumpuk di Pasar Sudimampir untuk diangkut ke truk menuju tempat pembuangan akhir (TPA).

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel apresiasi polisi aksi bersih-bersih Banjarmasin

Selain puluhan anggota Polri dari Polda Kalsel dan Polresta Banjarmasin, nampak juga sejumlah organisasi kepemudaan dan mahasiswa termasuk organisasi masyarakat turut bersama-sama melakukan pembersihan lingkungan dari sampah.
 
Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi dan Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo menggunakan sekop melakukan pembersihan sampah. (ANTARA/Firman)


Kapolda menyebut aksi bersih-bersih itu sebagai wujud nyata kepedulian Polri terhadap lingkungan yang bersih dan sehat terbebas dari sampah.

Dia menginstruksikan seluruh anggotanya dimanapun bertugas agar peduli dengan kebersihan lingkungan dan menjadi motor penggerak di tengah masyarakat.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin: Polisi harus memiliki sifat tenggang rasa dan murah tangan

"Jadi aksi ini pada intinya kita ingin menggugah seluruh masyarakat agar semuanya bisa tergerak peduli akan kebersihan lingkungan," ucap Kapolda.
 
Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi membagikan hadiah undian bagi anggota dan masyarakat yang mengikuti aksi bersih-bersih. (ANTARA/Firman)


Di akhir kegiatan setelah semua sampah dibersihkan, Kapolda yang didampingi para pejabat utama Polda Kalsel serta Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo membagikan hadiah undian kepada masyarakat yang telah turut serta mengikuti aksi bersih-bersih itu.

Diketahui kegiatan serupa dilaksanakan di seluruh wilayah Polres jajaran dan juga serentak secara nasional oleh Mabes Polri.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Tak ada tambang ilegal di lokasi longsor Jalan Satui  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023