Batulicin,  (Antaranews Kalsel) - Sejumlah objek wisata di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pada hari kedua Idul Fitri 1437 Hijriah dipadati wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Salah satu tempat wisata yang dipadati pengunjung sejak liburan hari raya adalah Pantai Ansana," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Tanah Bumbu M. Tahha di Batulicin, Kamis.

Dia mengatakan jumlah pengunjung pantai yang memiliki pasir putih dan bersih itu mencapai sekitar 15.000 orang, naik hingga lebih dari 300 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Objek wisata Pantai Angsana merupakan salah satu tempat favorit bagi masyarakat Tanah Bumbu dan sekitarnya untuk berlibur, menikmati suasana laut dan terumbu karang.

Salah satu aktivitas wisata yang menarik dari pantai itu, adalah snorkeling dan selam scuba seperti di Pantai Bunaken atau Raja Ampat.

Para pengunjung bisa melihat keindahan terumbu karang yang terletak tidak jauh dari lepas pantai.

Dia mengatakan di pantai itu juga sudah cukup banyak fasilitas pendukung, seperti penginapan maupun hotel-hotel kecil di sekitarnya.

"Untuk mendukung keberadaan objek wisata yang mana fasilitas pendukung tersebut selalu dilengkapi untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung," katanya.

Selain Pantai Angsana, Pantai Rindu Alam di Kecamatan Kusan Hilir menjadi salah satu destinasi wisata, bahkan yang difavoritkan oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Di sepanjang pesisir pantai ditumbuhi pohon cemara yang lebat sehingga menciptakan suasana yang sejuk, banyak pengunjung yang tertarik untuk menikmati kesejukan alam sambil makan bersama keluarga.

"Wisata ini juga dilengkapi fasilitas penunjang, seperti `waterboom`, pangung, gerai suvenir, kolam renang," ujarnya.

Tempat wisata lain yang ada di Tanah Bumbu, seperti Gua Liang Bangkai di Kecamatan Mentewe juga ramai pengunjung.

Pada hari biasa jumlah wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan alam dan gua tersebut hanya mencapai ratusan orang, akan tetapi saat liburan Lebaran mencapai ribuan pengunjung. 

Pewarta: Sujud

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016