Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Komandan Pangkalan Udara (Dan Lanud) Sjamsudin Noor, Kalimantan Selatan, Letkol Pnb Erwin Sugiandi menilai angkutan udara lancar bagi pemudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah yang berangkat dari Bandara Sjamsudin Noor Banjarmasin.

Pendapat Dan Lanud tersebut menjawab Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) ketika bersama-sama bersilaturahmi lebaran Idul Fitri 1437 H dengan Komandan Korem 101 Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil di Banjarmasin, Kamis.

"Alhamdulillah angkutan lebaran 1437 H yang menggunakan jasa penerbangan melalui Bandara Sjamsudin Noor (sekitar 27 kilometer utara Banjarmasin) yang berkedudukan di wilayah Kota Banjarbaru berjalan lancar, sehingga tidak jadi mendatangkan pesawat Hercules TNI-AU," katanya.

"Sebelumnya kita juga memohon bantuan pesawat Hercules guna mengantipasi kalau-kalau terjadi lonjakan calon penumpang angkutan udara yang mudik pada lebaran 1437 H dan tidak terlayani penerbangan sipil," demikian Erwin.

Pada kesempatan terpisah Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sjamsudin Noor Frandi N mengatakan, hingga H-1 Idul Fitri atau 5 Juli 2016 baik yang berangkat maupun datang pada bandara terbesar di Kalsel itu mencapai 114.748 orang.

"Ratusan ribu penumpang yang naik dan turun melalui Bandara Sjamsudin Noor itu merupakan akumulasi sejak H-12 Idul Fitri (24 Juni 2016) hingga H-1," ujar juru bicara PT Angkasa Pura I Bandara Sjamsudin Noor tersebut.

Menurut dia, jumlah penumpang paling banyak terdata pada H-4 atau Sabtu (2/7) mencapai 12.771 orang, sedangkan hari-hari sebelumnya berkisar 8.400 hingga 10.500 orang.

Secara rinci penumpang yang datang pada H-4 sebanyak 5.509 orang melalui 45 kali penerbangan dan jumlah penumpang berangkat sebanyak 7.262 orang.

"Puncak arus mudik penumpang pada H-4, karena jumlah penumpang paling banyak di antara hari-hari lainnya hingga memasuki H-1 Idul Fitri yang bertepatan, Selasa (5/7)," demikian Frandi.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016