Hasil diskusi dengan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi pembelajaran bagi siswa Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Singkat Angkatan XXIV Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia atau Lemhannas RI.

Wakil Gubernur Lemhanas Letnan Jenderal TNI Muhammad Sabrar Fadhilah, usai diskusi siswa SSDN Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIV dengan DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin sore.

"Banyak hal yang bisa menjadi pembelajaran siswa SSDN PPSA XXIV Lemhanas," tegas Jenderal TNI bintang tiga itu, didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Sekretaris Dewan (Setwan) provinsi tersebut, Muhammad Jaini.

Ia menambahkan, sesuai tugas dan fungsinya Lemhanas melakukan kajian antara lain terhadap geopolitik serta langkah-langkah untuk kebutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NkRI) berdasarkan Pancasila.

"Oleh karena itu, kita apresiasi dengan DPRD Kalsel yang juga turut bertanggung jawab dalam upaya lebih memasyarakatkan Pancasila," demikian MS Fadhilah.

Sebelumnya Ketua DPRD Kalsel menerangkan, bahwa lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut sejak dua tahun terakhir berusaha Membumikan Pancasila.

"Kita berharap dengan membumikan Pancasila, terutama para generasi muda atau melimial tidak mudah terpengaruh paham-paham," ujar anggota DPRD Kalsel dua periode bergelar sarjana dan magister hukum, serta mendapat gelar doktor kehormatan itu.

Upaya membumikan Pancasila tersebut tiap orang dari sebanyak 55 anggota DPRD Kalsel berkewajiban melaksanakan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dua kali dalam sebulan, ujar Supian HK.

Dalam diskusi dengan siswa SSDN PPSA XXIV Lemhanas itu, Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin juga memaparkan kegiatan lembaga legislatifnya yang berasal dari sepuluh partai politik (Parpol) pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019

Keanggotaan DPRD Kalsel periode 2018 - 2024 terdiri dari Partai Golkar 12 orang, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra masing-masing delapan, dan Partai Amanat Nasional enam orang.

Kemudian PKB dan PKS masing-masing lima orang, Partai Nasdem empat, PPP dan Partai Demokrat masing-masing tiga, seorang dari Partai Hanura, demikian M Syaripuddin.

Selain diskusi, rombongan sisw SSDN PPSA XXIV Lemhanas tersebut mendapatkan jamuan makan malam di "Rumah Banjar",(Gedung DPRD Kalsel) - Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Sebelum ke DPRD Kalsel,. rombongan siswa SSDN PPSA XXIV Lemhanas bertemu dengan Gubernur setempat, H Sahbirin Noor atau yang akrab dengsm sapaan Paman Birin.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023