Pelaihari, (Antaranews kalsel) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Junaidi mengatakan, pelayanan kesehatan di Puskesmas di seluruh Kabupaten Tanah Laut pada saat lebaran tetap dilakukan, bahkan tiga hari sebelum dan setelah lebaran pelayanan terus dilakukan.
     

"Untuk pelayanan saat libur bersama dan saat lebaran Puskesmas tetap siaga melayani pasien yang ingin berobat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut Junaidi, di Pelaihari, Kamis (30/6).
     
Menurut dia, khusus untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas menjelan dan sesudah lebaran hanya berupa rawat jalan, sedangkan rawat inap tidak dilakukan.
     
Diutarakannya, tenaga medis yang disiapkan di masing-masing Puskesmas tersebut adalah, dua tenaga medis, satu dokter dan satu lagi tenaga sopir ambulan.
     
Dengan disiapkannya tenaga medis, dokter, dan sopir ambulan tersebut, jelas dia, maka apabila pelayanan mendadak harus dirujuk ke rumah sakit terdekat segera dilakukan.
     
Selain pelayanan rawat jalan, ungkap dia, pada hari lebaran 1437 Hijriah, Dinas Kesehatan Tanah Laut juga membuka dua pos pelayanan terpadu kesehatan di tempatkan didua tempat wisata yakni, Pantai Takisung dan Pantai Batakan.
     
Diungkapkannya, pos pelayanan terpadu kesehatan ditempatkan di dua tempat wisata itu,  dlengkapi petugas medis, peralatan medis dan mobil ambulan.
     
Lebih lanjut dia mengemukakan, khusus Puskesmas Rawat Inap dan UGD Bati-Bati buka  selama 24 jam dan Puskesmas lainnya buka dari pagi sampai sore.
     
Kemudian, terang dia, dalam menghadapi lebaran, Dinas KesehatanTanah Laut melakukan rapat dengan Kepala Puskesmas se Tanah Laut, termasuk pengecekan peralatan, ketersediaan obat-obatan.
     
"Pada intinya menjelang dan sesudah lebaran, bahkan saat lebaran Puskesmas se Tanah Laut siap melayani masyarakat, termasuk masyarakat luar Tanah Laut saat berada di Tanah Laut sakit menggunakan BPJS tetap dilayani," demikian tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016