Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Balangan, Kalimantan Selatan melaksanakan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai dalam menyambut peringatan Hari Bhayangkara ke-77.

“Alhamdulillah pada peringatan hari Bhayangkara ini kami bersama jajaran telah melaksanakan apel sekaligus ziarah di makam pahlawan,” kata Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin di Balangan, Rabu.

Riza menuturkan, upacara ziarah dan tabur bunga tersebut merupakan momen dalam mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kapolres melanjutkan, perjuangan para pahlawan merupakan contoh tauladan bagi semuanya, khususnya untuk personel Polres Balangan dalam memperjuangkan kemerdekaan yang dapat diterapkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Riza berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ziarah makam pahlawan tersebut, dapat lebih memotivasi para personel dalam melindungi serta mengayomi masyarakat Kabupaten Balangan.

Kemudian setelah selesai dilaksanakan upacara, Kapolres bersama Ketua Bhayangkari beserta jajaran langsung melakukan penaburan bunga di makam pahlawan.

Diketahui pada makam pahlawan di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai tersebut ada dua pahlawan yang disemayamkan yaitu pahlawan Alm. Aseri yang turut berjuang melawan Belanda pada tahun 1949.

Selain pahlawan Alm. Aseri juga ada Alm. Lettu H Awang Nasir dikenal sebagai pahlawan kemerdekaan kelahiran Pulau Pinang, Malaysia pada 10 Desember 1925 yang mendedikasikan diri sebagai prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) sampai akhir hayatnya pada 3 Februari 1980.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023