Di sudut kawasan hutan mangrove Desa Sungai Musang Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan tampak tiga perahu kayu dan satu speedboat berukuran besar merapat di salah satu dermaga kecil.

Perahu atau jukung kayu yang dipandu warga setempat dipenuhi ratusan paket sembako yang dikemas kain putih bertuliskan Adaro Hidupkan Hati, 31 Tahun Adaro Wujudkan Rasa Syukur Berbagi Untuk Negeri.

Baca juga: Presdir Adaro Logistics sambangi warga pra sejahtera di Aluh-aluh

 Dari atas titian kayu yang menjadi akses menuju kampung sejumlah aparat desa dibantu warga mulai memindahkan ratusan paket dari dalam perahu menuju jembatan penghubung.

Satu per satu warga bersama tim dari Rumah Zakat membawa paket berisi beras, gula, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya menuju kantor Desa Sungai Musang tak jauh dari lokasi sungai.

Sebagai salah satu desa terluar di Kabupaten Banjar Desa Sungai Musang yang minim infrastruktur jalan serta sarana prasarana umum menjadi alasan tim Adaro Berbagi menggunakan jalur sungai untuk distribusi bantuan dari PT Adaro Energy Indonesia ini.

Baca juga: Producing concrete bricks leads PT MSW to win 2023 Top CSR Award

"Jalan desa hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua dan jika pasang air laut kondisi jalan menjadi rusak dan membuat transportasi warga terganggu," ungkap Kepala Desa Sungai Musang, Misran.

Biasanya warga desa harus menempuh perjalanan darat sekitar 2 jam menuju Kecamatan Gambut atau menggunakan perahu motor ke Kota Banjarmasin.

 Total sebanyak 300 paket sembako dari program Adaro Hidupkan Hati yang didistribusikan kepada keluarga pra sejahtera di Desa Sungai Musang.

Termasuk 284 paket sembako untuk Desa Bakambat yang berada di sekitar operasional Adaro Logistic.

 Di kantor desa sejumlah perwakilan keluarga pra sejahtera penerima bantuan dari Desa Sungai Musang dan Desa Bekambat mulai berkumpul.

 Termasuk aparat desa, perwakilan Rumah Zakat dan jajaran Adaro Logistic untuk mengikuti acara seremoni penyerahan paket sembako.

Baca juga: Pemkab Batola terima bantuan CSR dari empat perusahaan swasta

 Presiden Direktur Adaro Logistics Susanti mengatakan Adaro Hidupkan Hati bukti nyata untuk membantu keluarga pra sejahtera di Desa Sungai Musang dan Desa Bakambat.

 "Adaro Hidupkan Hati bukti nyata ingin berbagi dan memberikan harapan bagi keluarga pra sejahtera," ungkap Susanti usai mengunjungi salah satu keluarga pra sejahtera.
 
Presiden Direktur Adaro Logistics Susanti (kanan). (ANTARA/HO-YABN)
 Ia memastikan Adaro akan selalu hadir membantu warga pra sejahtera di sekitar operasional perusahaan dan dalam rangka HUT ke-31 program berbagi ini untuk menumbuhkan kepedulian keluarga besar Adaro Group.

 Susanti pun mengunjungi langsung rumah warga penerima manfaat yang tergolong keluarga pra sejahtera untuk memberikan suport bahwa masih ada harapan ke depan karena Adaro Group akan selalu hadir bagi masyarakat pra sejahtera.

Baca juga: Wujud Rasa Syukur, Adaro Berbagi ke Warga Kadaman Desa Kapar

 Tak hanya di Kalimantan Selatan Adaro Berbagi juga membantu masyarakat pra sejahtera di delapan provinsi lainnya dengan total paket sembako 31 ribu.

Bantuan paket sembako dari PT Adaro Energy Indonesia ini secara perdana mulai didistribusikan 14 Mei 2023 di Desa Pangelak, Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong, 167 paket dan Desa Hukai, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan sebanyak 97 paket.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023