Jamaah calon haji Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan gembira saat dikunjungi Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin yang sama-sama berada di tanah suci Mekkah untuk menjalankan ibadah haji.
 
"Jamaah senang dan gembira sekali mendapat kunjungan wali kota yang datang ke hotel kami menginap," ujar jamaah calon haji Banjarbaru Abdus Samad melalui pesan teks diterima di Banjarbaru, Sabtu malam.

Baca juga: Info Haji - Wakil Wali Kota lepas 203 jamaah calon haji Banjarbaru
 
Menurut Samad, wali kota datang ke hotel tempat jamaah menginap tidak sendirian tetapi didampingi istri dan Sekretaris Daerah Said Abdullah yang juga bersama istri menjalankan ibadah haji sejak pertengahan Juni.
 
Samad menuturkan, wali kota juga mengikuti shalat Ashar berjamaah dengan jamaah haji Banjarbaru yang menginap di hotel itu diimami sekda dan seluruh jamaah nampak khusu' mengerjakan kewajibannya itu.
 
"Jamaah makin senang karena wali kota membawakan paket makanan kemasan terdiri dari ikan saluang,
sepat kering, dan sambal ramania sehingga menambah selera makan jamaah di Mekkah," ucap Samad.
 
Dikatakan Samad, seluruh jamaah calon haji Banjarbaru yang tergabung dalam kelompok terbang 15 dalam kondisi sehat dan tengah menjalani rangkaian ibadah haji di Mekkah maupun Madinah.

Baca juga: Sekda minta JCH Banjarbaru fokus meraih haji mabrur
 
Senada, Pembimbing Haji Daerah (PHD) jamaah Banjarbaru dan Batola Fauzan Asniah mengungkapkan rasa senang jamaah setelah menerima tas berisi paket makanan kemasan dan lauk pauk khas Banjar.
 
"Jamaah senangnya luar biasa saat mereka tas berisi paket makanan. Tasnya serbaguna dan makanannya menggugah selera makan jamaah yang rindu beras Banjar juga iwak saluang, sapat karing, dan sambal. Nyaman banar," ucapnya.
 
Sebelumnya, Senin (19/6) malam waktu Arab Saudi, wali kota bersama sekda juga mengunjungi jamaah calon haji Banjarbaru yang tinggal di kawasan Syabah Syisah, Kota Mekkah Arab Saudi.

Baca juga: Husairi lepas keberangkatan jamaah calon haji HSU
 
"Kami bersilaturahmi dengan jamaah haji asal Banjarbaru. Bahagia bisa berkumpul dan melihat jamaah dalam kondisi sehat dan semoga lancar sampai proses ibadah haji selesai," ucap wali kota saat itu.
 
Aditya menuturkan, dirinya bersama sekda selain bertemu dengan jamaah calon haji, juga petugas haji yang terdiri dari ketua kloter, ketua rombongan, tim kesehatan daerah dan tim petugas haji pusat.
 
Menurut wali kota, petugas haji telah bekerja maksimal dan profesional melayani jamaah baik pelayanan di bidang kesehatan dan pelayanan lainnya termasuk melayani jamaah lanjut usia (lansia).
 
"Kami melihat petugas haji bekerja maksimal dan profesional melayani jamaah termasuk jamaah lansia, bagus pelayanannya dan petugas juga kami minta memeriksa rutin kesehatan jamaah," katanya.
 
Diketahui, Wali Kota Aditya bersama Sekdako Banjarbaru Said Abdullah menjalankan ibadah haji di tanah suci sejak pertengahan Juni dan dijadwalkan kembali ke tanah air awal bulan Juli mendatang.

Baca juga: Aditya minta JCH tertib dan khusyu di tanah suci
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023