Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Dinsos Kab HSS) mengalokasikan dana bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) untuk 228 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada 2023.

"Jumlah anggaran yang kita salurkan keseluruhan sebesar Rp3,9 miliar lebih dan masing-masing KPM akan menerima Rp17,5 juta," kata Kepala Dinsos HSS, Nordiansyah di Padang Batung, Kabupaten HSS, Senin.

Dijelaskan Nordiansyah, penggunaan dana ini dengan rincian pembelian bahan bangunan, pembuatan sanitasi, upah tukang, serta konsumsi gotong royong.

Baca juga: 5.801 rumah tak layak huni diperbaiki Pemkab HSS

Adapun jumlah penerima di wilayah Kecamatan Padang Batung sebanyak 23 KPM dan Kecamatan Loksado mencapai 16 KPM.

Bupati HSS Achmad Fikry berpesan agar penerima bantuan sosial mampu mempergunakan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya, serta disesuaikan dengan kondisi atau kerusakan rumah yang ada saat ini.

"Jika pemimpinnya bisa tidur nyenyak tentu masyarakatnya juga harus bisa tidur nyenyak dan layak," ujar Fikry.

Menurut Fikry, pihaknya akan berupaya memberikan kenyamanan bagi masyarakat, walaupun rumah tipe sederhana namun bisa dihuni dengan nyaman tanpa kepanasan dan kehujanan.

Baca juga: Gagal panen terdampak banjir, 18 KK Desa Malinau terima beras CPP

Selain itu, Fikry juga meminta agar rumah yang dibangun dan diperbaiki tersebut harus dilengkapi dengan toilet untuk menjaga kesehatan.

Dalam penyerahan simbolis bantuan PRS tersebut, Pemkab HSS juga menyerahkan bantuan sosial Program Kesejahteraan Sosial Anak dan Program Bersama Perduli Anak Yatim dengan jumlah penerima sebanyak 192 anak.

Besaran bantuan yang diserahkan Rp100 ribu per anak setiap bulan dan untuk tahap awal diserahkan sebesar Rp600 ribu untuk setiap anak.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023