Sebanyak 40 relawan dari pegawai PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan membersihkan Sungai Kemuning di kawasan Kuliner Kampung Batuah Digital Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan dari berbagai jenis sampah yang menumpuk.

"Hari ini kami mengajak warga untuk bergotong-royong bersama relawan PLN untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan Sungai Kemuning yang masih dalam momen memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia," kata General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: PLN-Pemprov Kalteng sinergi bangun infrastruktur kelistrikan dorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan

Selain gotong-royong membersihkan sungai bersama warga, PLN juga memberikan edukasi terkait kebersihan dan kesehatan lingkungan sungai serta keselamatan ketenagalistrikan.

Usai aksi membersihkan, Salam beserta tim relawan memberikan bantuan berupa totem, baliho edukasi kebersihan sungai, wastafel, bak sampah terpisah, jaring penangkap sampah dan perangkat lainnya kepada kelompok masyarakat Kampung Batuah Digital.

Salam berharap fasilitas yang diberikan dapat menjadi motivasi bagi warga sekitar untuk menjaga kebersihan dan keindahan sungai karena warga yang memperoleh manfaat.

Apalagi lingkungan Sungai Kemuning sangat berpotensi menjadi objek wisata dan kawasan kuliner yang dapat menjadi sumber penghasilan warga.

Baca juga: PLN Kalimantan usung "Desa Berdaya PLN 2023"

"Tinggal bagaimana menjaga kebersihan dan keindahannya agar dapat terus berkelanjutan hingga ke anak cucu," tutur Salam.

Ditambahkan Salam, kegiatan itu merupakan wujud nyata PLN dalam menerapkan prinsip tujuan pembangunan berkelanjutan untuk menciptakan ekonomi yang berkelanjutan.
Relawan dari pegawai PT PLN UIP3B Kalimantan membersihkan Sungai Kemuning Banjarbaru, Sabtu (10/6/203). (ANTARA/Firman)

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Banjarbaru Selatan Ekya Rutmala Santi mengapresiasi kegiatan membersihkan sungai oleh  PLN yang turut melibatkan warga dan kelompok masyarakat.

"Dari bantuan yang diberikan PLN juga diharapkan dapat digunakan dengan baik untuk menjaga kebersihan dan keindahan Sungai Kemuning," ucapnya.

Baca juga: PLN dorong peningkatan kompetensi wartawan di Kalsel

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023