Jamaah calon haji Kloter 8 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara diterbangkan langsung menuju Mekkah Arab Saudi pada Kamis sekitar pukul 16.05 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin.
 
"Kloter 8 Embarkasi Banjarmasin masuk keberangkatan gelombang kedua jamaah haji Indonesia yang tujuannya ke Mekkah," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Info Haji - Pertamina jamin ketersediaan avtur di 13 bandara embarkasi haji
 
Menurut dia, Kloter 8 Embarkasi Banjarmasin merupakan Kloter pertama yang langsung ke Mekkah, sebelumnya tujuh Kloter yang terdahulu ke Madinah.
 
"Setalah Kloter 8 seterusnya hingga Kloter 17 Embarkasi Banjarmasin langsung terbang ke Mekkah," ungkapnya.
 
Diungkapkan Tambrin, jamaah calon haji Kloter 8 yang jumlahnya sebanyak 328 orang tersebut dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Mekkah pada pukul 23,55 Waktu Arab Saudi.
 
"Kita doakan perjalanan mereka lancar hingga sampai ke tanah suci Mekkah, sehat selalu dalam menjalankan ibadah haji," ucap Tambrin.
 

Dia pun menyampaikan, dengan berangkat Kloter 8 ini, maka jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah di tanah suci sebanyak 2.600 lebih, sebagian besar masih berada di Madinah.

Baca juga: Bupati Tanah Laut imbau jamaah calhaj disiplin mengatur waktu
 
"Untuk Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin yang berangkat pada 29 Mei 2023 lalu ke Madinah, kini diinformasikan sudah mulai bergerak ke Mekkah," ucapnya.
 
Dia pun dalam keberangkatan jamaah calon haji terus menyampaikan agar semua mengikuti arahan petugas haji, demikian juga terus menjaga kesehatan, selalu meminum air karena suhu di tanah suci diinformasikan sekitar 40 derajat pada siang hari.
 
Sebagian disampaikan dia sebelumnya, untuk Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 17 Kloter pada tahun 2023 ini.
 
Karena, ucap dia, Embarkasi Banjarmasin melayani penerbangan jamaah haji dua provinsi, yakni, Kalsel dan Kalimantan Tengah.
 
Adapun jumlah jamaah calon haji dua provinsi tersebut, sebanyak 5.430 orang, dengan rincian, dari Kalsel sebanyak 3.818 orang dan dari Kalteng sebanyak 1.590 orang.
 
Baca juga: Info Haji - Pelunasan Bipih untuk kuota haji tambahan 8 sampai 12 Juni
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023