Petugas Puskesmas Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan berjalan berjam-jam sampai ke pelosok desa terpencil.

“Kami terus memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi hingga ke pelosok desa, karena berdasarkan laporan aparat desa banyak lansia yang membutuhkan pelayanan kesehatan di pelosok-pelosok desa,” kata Bidan Koordinator Puskesmas Tebing Tinggi Norhaida didampingi Pamong Inovasi Syahruraji di Paringin, Kamis.

Norhaida menuturkan tenaga kesehatan hanya bisa menggunakan roda dua dan roda empat sampai ke Desa Ajung, untuk melanjutkan perjalanan ke anak Desa Nanai harus jalan kaki sekitar tiga jam lamanya perjalanan karena akses jalan yang sulit.

Bahkan menurut Norhaida tenaga kesehatan pernah menempuh sampai lima jam berjalan kaki, karena sungai yang harusnya diseberangi meluap hingga akhirnya harus memilih jalan memutar.

Namun saat ini Nakes Puskesmas Tebing Tinggi bersyukur karena sudah ada jembatan yang bisa dilewati, sehingga tidak perlu menyeberang sungai yang setinggi pinggang atau dada orang dewasa.

Salah satu pasien dari Anak Desa Nanai, Huad yang mengeluhkan sakit kaki dan tak bisa berjalan, mendapatkan beberapa kali pelayanan kesehatan dan membantu meringankan rasa sakit yang dirasanya.

“Saya sangat bersyukur berkat pelayanan dari Puskesmas Tebing Tinggi ini kami di sini yang sedang sakit dapat terbantu, kami semua tidak bisa langsung datang ke faskes karena terkendala oleh jarak,” imbuhnya.

Diketahui Puskesmas Tebing Tinggi sendiri memiliki program inovasi yaitu Layanan kesehatan Terpencil Bagi Lansia Ke Rumah atau disingkat dengan "Lake Acil Lamah". 

Lake Acil Lamah adalah sebuah inovasi dari UPTD Puskesmas Tebing Tinggi terkait pelayanan kesehatan untuk usia lanjut yang berada di daerah terpencil dalam keadaan sakit dan tidak sanggup untuk mendatangi fasilitas Kesehatan.

Layanan kesehatan lansia ini dilaksanakan setiap bulan melalui UKBM Posyandu lansia di masing-masing desa, yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan UPTD Puskesmas Tebing Tinggi bersama kader posyandu lansia telah berjalan rutin dalam pelaksanaanya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023