Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan  HM Sukamta membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI) Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya terus mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk memiliki kebijakan dan strategi penanganan sampah mulai dari sumber sampah sampai ke pemrosesan akhir sampah.

“Melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, saya menyerukan semua stakeholder bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk   polusi plastik,” ucap Sukamta, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2023,  di halaman Kantor Bupati Tanah Laut, Senin.

Baca juga: Pemkab HST tangani daerah rawan bencana alam

Menteri LHK mengajak, untuk terus menggalakkan berbagai langkah dan upaya  mendorong kehidupan berkelanjutan secara kondusif agar lingkungan sehat. 

"Mari kita hidupkan kembali dan tanamkan pengetahuan dan pendekatan modern inovatif menuju negara yang lebih bersih, hijau dan bebas plastik," pintanya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, sebagai bagian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023, pihaknya juga meminta seluruh elemen masyarakat melakukan pembersihan plastik di pantai-pantai, kawasan konservasi, bantaran sungai, tempat-tempat umum dan banyak lagi, sehingga dapat memperkuat budaya kehidupan berkelanjutan.

Pada kesempatan itu bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Laut dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tanah Laut menyerahkan piagam penghargaan kepada perusahaan taat dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup dalam program Proper tahun penilaian 2021-2022.

Baca juga: Kalsel benahi infrastruktur desa penghasil Anggrek di HSS

Perusahaan mendapatkan penghargaan tersebut dinilai telah memberikan kepercayaan melakukan uji kualitas lingkungan di Laboratorium Lingkungan DPRKPLH Tanah Laut.

Selain itu penyerahan bingkisan sebagai bentuk apresiasi kepada enam petugas kebersihan dan tata kota DPRKPLH Tanah Laut.

Masih dalam rangkaian acara tersebut bupati, sekda, seluruh eselon II lingkup Pemkab Tanah laut, pimpinan BNNK Tanah Laut dan pimpinan BUMD Tanah Laut menandatangani kesepakatan  sebagai komitmen mendukung pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. 

Baca juga: Kalsel tunggu TPS 3R untuk solusi permasalahan sampah
 
Bupati Tanah Laut HM Sukamta penyerahan piagam penghargaan kepada perusahaan taat dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup dalam program Proper tahun penilaian 2021-2022., di halaman kantor bupati setempat, Senin (5/6/2023).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023