Rencana pembangunan akses jalan baru menuju Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menemui titik terang menyusul terbitnya Instruksi Presiden tentang alokasi anggaran pengerjaan proyek pada 2023.
 
"Alhamdulillah, pembangunan jalan baru akses ke Bandara Syamsudin Noor sudah mendapat dukungan anggaran pemerintah pusat, lahan sudah siap. Semoga bisa segera terealisasi dan ke depannya dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujar Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: Lima posko cegah karhutla didirikan di sekitar Bandara Syamsudin Noor
 
Dikatakannya, alokasi anggaran untuk pembangunannya tertuang dalam Inpres Nomor 6 tahun 2023 di mana pengerjaan proyek pembangunan jalan baru bandara dianggarkan sebesar Rp462 miliar.
 
Inpres itu sekaligus menandakan pembangunan akses jalan menuju bandara yang terletak di Kelurahan Syamsudin Noor tersebut mendapat lampu hijau pemerintah pusat yang akan mengucurkan dana melalui Kementerian PUPR.
 
Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Banjarbaru Adi Maulana menambahkan, pembangunan akses jalan baru bandara dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XI Wilayah Kalimantan Selatan.

Baca juga: Kalsel kejar target rampungkan akses jalan baru ke bandara pada 2024
 
"Dinas PUPR Banjarbaru terlibat dalam tim pengadaan tanah untuk pembebasan lahan. Meski pun untuk anggaran pembebasan lahan juga dari Pemprov Kalsel dan proses pembebasan telah selesai, tinggal pembangunan jalannya," ucap Adi.
 
Adi menuturkan, anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp462 miliar tidak mutlak untuk satu proyek pembangunan jalan tetapi ada pembangunan ruas jalan lain yang akan dikerjakan.
 
Dikatakan, lokasi pembangunan jalan bandara yang diusulkan Dinas PUPR Kota Banjarbaru dan Pemprov Kalsel terhubung dari Jalan Lingkar Utara akses Bandara Syamsudin Noor ke jalan baru di Kelurahan Guntung Payung, menuju Jalan Jenderal Ahmad Yani, tidak jauh dari seberang makam Pulau Beruang.
 
"Jalan baru yang akan di bangun, panjangnya sekitar tiga kilometer dengan lebar 50 meter dari Jalan Jenderal Ahmad Yani menuju jalan simpang masuk akses bandara. Soal di bangunnya akses jalan baru karena masyarakat kesulitan mencari akses masuk ke bandara," tuturnya.

Baca juga: Lima posko cegah karhutla didirikan di sekitar Bandara Syamsudin Noor


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023