Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta seluruh masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya di kawasan pesisir pantai, waspada terhadap munculnya banjir pesisir atau rob.
 
Peringatan waspada banjir pesisir itu disampaikan BMKG melalui laman https://stamet.syamsudinnoor.bmkg.go.id/ dan media sosial IG@cuaca Kalsel yang berlaku sejak tanggal 3 hingga 13 Juni 2023.
 
Disebutkan, potensi banjir pesisir (rob) terjadi akibat fenomena fase bulan purnama pada tanggal 3 Juni 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir Kalsel.
 
Diprediksi, pasang maksimum air laut berpotensi terjadi di wilayah perairan Kotabaru pada tanggal 3-10 Juni 2023 pukul 04.00-10.00 WITA dengan ketinggian maksimum mencapai 3.0 meter.
 
Wilayah berpotensi terdampak, yakni perairan pesisir Kotabaru dan Tanah Bumbu hingga dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir.
 
Adapun kegiatan dan aktivitas keseharian masyarakat yang dapat terganggu akibat terjadinya rob seperti bongkar muat di kawasan pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir dan perikanan darat.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023