Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Fadliansyah mendorong peningkatan populasi hewan ternak kambing terutama untuk memenuhi kebutuhan lokal masyarakat setempat.
 
"Kami mendorong peningkatan populasi kambing sehingga paling tidak mampu memenuhi kebutuhan lokal di Banjarbaru," ujar Ketua DPRD di Banjarbaru, Jumat, menanggapi kontes kambing digelar pemkot.
 
Menurut Fadliansyah, pihaknya mengapresiasi kontes kambing yang digelar Pemkot Banjarbaru sebagai salah satu langkah mendorong masyarakat semangat memelihara hewan ternak yang dikonsumsi itu.

Melalui kontes kambing, masyarakat dan peternak menjadi lebih bersemangat karena ada tujuan yang ingin dicapai dalam memelihara kambing baik untuk lomba maupun kebutuhan.
 
"Harapan kami, masyarakat maupun peternak lebih bersemangat karena disiapkan tempat maupun sarana yang bisa digunakan untuk melihat keberhasilan pemeliharaan kambing yang baik dan benar," ungkapnya.
 
Dikatakan Fadliansyah, langkah lain yang bisa diambil untuk menambah populasi kambing yakni membentuk kelompok tani yang dapat diberikan pekerjaan memelihara kambing agar semakin banyak dan berkembang.
 
"Kelompok peternakan perlu untuk dibentuk sehingga pemerintah dapat menyalurkan bantuan seperti pupuk, dana hibah barang maupun paket obat-obatan ternak sebagai pendampingan kesehatan ternak.
 
Sebelumnya, Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengatakan siap menambah populasi kambing, salah satunya melalui kontes yang digelar untuk menambah semangat peternak.
 
"Kami berharap melalui kontes ini, peternak kambing lebih semangat memelihara kambing sehingga bisa menambah populasi, paling tidak untuk memenuhi masyarakat lokal," ujar wali kota.
 
 

 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023